London (ANTARA News) - Serena Williams memulai perjalanannya untuk kembali ke peringkat satu dunia di Qatar Terbuka dengan mengalahkan Daria Gavrilova asal Rusia, sedangkan Maria Sharapova, salah satu rival petenis Amerika itu untuk merebut posisi puncak juga melaju pada Selasa (Rabu WIB).

Unggulan kedua William, yang akan kembali menempati peringkat satu dunia jika ia mencapai semifinal, menikmati kemenangan 6-2 6-1 melawan petenis peringkat 160 Gavrilova di putaran kedua.

Juara Grand Slam 15 kali tidak pernah memuncaki daftar peringkat dunia sejak Oktober 2010, namun ia sekarang cukup dekat untuk kembali mendudukinya setelah menjuarai Wimbledon dan AS Terbuka tahun lalu.

Williams, yang sekarang telah memenangi 57 dari 60 pertandingan terakhirnya, mematahkan service Gavrilova pada game keenam di set pertama dan kemudian melaju untuk memenangi pertandingan ini dalam waktu 54 menit.

Banyak pertanyaan mengenai kondisi kebugaran petenis peringkat kedua dunia ini menjelang perhelatan ini, setelah ia kalah di perempat final Australia Terbuka bulan lalu akibat cedera punggung dan pergelangan kaki.

"Kebanyakan saya hanya berusaha untuk bermain dengan halus dan menghindari masalah, dan hanya melakukan beberapa hal dengan baik," kata Williams kepada situs resmi WTA (www.wtatennis.com).

"Secara fisik saya merasa lebih baik, dan mudah-mudahan saya dapat bertahan di level ini. Ayo sekarang melaju ke putaran berikutnya."

Peringkat ketiga Sharapova mematahkan service petenis Prancis Caroline Garcia di game pertama, sebelum melaju untuk mengamankan kemenangan 6-3, 6-2, pada pertandingan yang berlangsung satu jam 16 menit.

Ini merupakan pertandingan ulang dari pertemuan mereka di Prancis Terbuka dua tahun silam, ketika petenis Rusia itu mendapati dirinya tertinggal 6-3, 4-1 sebelum melakukan reli untuk meraih kemenangan tiga set.

"Saya memiliki pertandingan yang benar-benar berat melawan dia pada pertandingan kami sebelumnya, maka saya benar-benar ingin memulai dengan lebih baik kali ini, kebalikan dengan cara saya memulai pertandingan dengan dia pada pertemuan terakhir," kata Sharapova.

"Saya pikir ia (petenis) naik-turun yang masih melakukan transisi dari junior ke pro. Itu adalah salah satu hal terberat yang menyulitkan diri anda di lapangan dengan permainan itu sendiri, namun saya pikir kita akan melihat dia untuk tahun-tahun mendatang."

Juara Prancis terbuka juga memiliki peluang tipis untuk kembali ke posisi puncak, namun ia perlu menjuarai turnamen ini dan berharap Williams terhenti di babak empat besar dan peringkat satu dunia saat ini Azarenka gagal mencapai final.

Azarenka akan memainkan pertandingan putaran kedua melawan Romina Oprandi pada Rabu. (RF/A016)

Editor: Kunto Wibisono
COPYRIGHT © ANTARA 2013