Shanghai (ANTARA) - China akan terus memajukan reformasi investasi dan pendanaan secara terkoordinasi guna melayani kebutuhan keuangan masyarakat yang beragam dengan lebih baik, demikian disampaikan kepala regulator sekuritas China pada Kamis (8/6).

Yi Huiman, Ketua Komisi Regulasi Sekuritas China (China Securities Regulatory Commission/CSRC), menyampaikan pernyataan tersebut dalam Forum Lujiazui yang diselenggarakan di Shanghai.

Yi mengatakan bahwa CSRC akan secara serius mendorong pelaksanaan rencana aksi tiga tahun yang baru guna meningkatkan kualitas perusahaan-perusahaan terdaftar dan kapasitas mereka untuk tata kelola, daya saing, inovasi, ketahanan risiko, dan laba.

CSRC akan terus memperkuat pemantauan dan pengawasan perilaku perdagangan pasar, melacak dan menganalisis metode perdagangan baru seperti perdagangan kuantitatif, serta dengan tegas menindak aktivitas-aktivitas ilegal, seperti manipulasi pasar dan perdagangan orang dalam (insider trading), dengan target untuk secara efektif mempertahankan tatanan dan ekologi pasar yang sehat dan stabil, papar Yi.

Dana ekuitas akan terus dikembangkan dengan gencar, kata Yi, seraya menambahkan bahwa CSRC akan memperbesar skala dan mengoptimalkan struktur industri dana masyarakat, serta mendukung pengembangan produk manajemen ekuitas swasta yang stabil di sektor sekuritas, pendanaan, dan kontrak berjangka.

Pewarta: Xinhua
Editor: Junaydi Suswanto
COPYRIGHT © ANTARA 2023