Jakarta (ANTARA) - Bakal calon presiden (capres) dari PDI Perjuangan Ganjar Pranowo mengajak relawannya untuk melawan pihak yang mencoba merongrong nilai-nilai Pancasila.

Ganjar memberikan pesan tersebut saat menyampaikan pidato pada acara deklarasi Relawan Gapura Nusantara (RGN) di Klub Kelapa Gading, Jakarta, Sabtu.

"Bapak Ibu, tadi disampaikan masih ada orang yang pengin merongrong nilai-nilai Pancasila. Ada, bukan tidak ada," kata Ganjar.

Ganjar lantas bertanya kepada relawan yang hadir terkait perlu atau tidaknya melawan pihak-pihak yang merongrong nilai Pancasila tersebut. "Kita biarkan atau kita lawan?" tanya Ganjar.

Ratusan relawan yang kompak mengenakan kemeja berwarna putih dan merah itu lantas menjawab pertanyaan Ganjar dengan seruan "lawan".

Baca juga: Ganjar sebut akan terlibat dalam penentuan cawapres

Baca juga: Relawan Gapura Nusantara deklarasikan dukungan untuk Ganjar


"Bapak Ibu yang teriak itu, maka Bapak Ibu dan kita harus membuktikan itu," seru Ganjar.

Pada kesempatan yang sama, Ganjar juga menyinggung perihal kampanye hitam (black campaign). Menurutnya, saat ini masih terdapat segelintir pihak yang menggunakan cara negatif dalam sebuah kontestasi.

"Masih ada yang ngomong dalam sebuah kontestasi dengan black campaign, dengan bullying, dengan caci maki, yang meninggalkan nilai-nilai adab ketimuran kita," ujarnya.

Ia menyayangkan hal tersebut. Terlebih, di era digital yang perputaran informasi-nya berjalan dengan cepat seperti dewasa ini.

"Dan di medsos (media sosial) itu terjadi dan hampir setiap hari. Siapa kemudian yang bertanggung jawab pada dunia ini? Di tengah era digital yang berkembang sangat cepat, rata-rata tiga bulan selalu ada informasi baru, teknologi baru, cara baru," ucapnya.

Pewarta: Fath Putra Mulya
Editor: Chandra Hamdani Noor
COPYRIGHT © ANTARA 2023