Jakarta (ANTARA) -
Menteri Perdagangan (Mendag) RI Zulkifli Hasan atau Zulhas menyebut pendidikan dan kerja sama antarlapisan komponen bangsa adalah kunci untuk menjadikan Indonesia sebagai negara maju.

 
 
"Indonesia punya kesempatan menjadi negara maju. Kunci kita menjadi negara maju adalah pendidikan dan ditambah kunci kedua, kerja sama antarkomponen bangsa," kata Zulhas dalam keterangan tertulis diterima di Jakarta, Sabtu.

 
 
Zulhas mengatakan, Indonesia memiliki kesempatan menjadi negara maju keempat di dunia. Di sisi lain, Indonesia juga memiliki bonus demografi yang puncaknya adalah pada 2025 sampai dengan 2038.

 
 
"Manakala kita sebagai bangsa Indonesia, bisa menyikapi dengan baik, maka kita bisa seperti Hongkong, Jepang, dan Korea Selatan,” kata Zulhas.

 
 
Zulhas yang juga merupakan pendiri SMA Kebangsaan menyampaikan hal tersebut dalam acara Prasetya Alumni Angkatan 8 Asthabrata yang digelar di Kalianda, Lampung Selatan, Sabtu.

 
 
Lebih lanjut dalam kesempatan tersebut, salah satu orang tua siswa lulusan SMA Kebangsaan mengaku sependapat dengan Zulhas. Dia juga meminta doa restu kepada Zulhas agar putrinya dapat menggapai cita-cita dan bermanfaat bagi bangsa dan negara.

 
 
“Saya mengirim WhatsApp, 'Pak Zulhas, mohon doa dan support-nya, semoga putri kami dapat melanjutkan ke jenjang pendidikan lebih tinggi, tercapai cita-citanya serta bermanfaat bagi umat, negara, dan bangsa,” cerita salah seorang wali murid tersebut.

 
 
Senada dengan itu, salah satu orang tua murid lainnya juga menyampaikan rasa terima kasih atas kesempatan bersekolah gratis yang diberikan kepada anaknya.

 
 
"Terima kasih Bapak Zulkifli Hasan atas atensinya semua anak yatim piatu bisa sekolah gratis di SMA Kebangsaan," ujarnya.

Pewarta: Fath Putra Mulya
Editor: Agus Setiawan
COPYRIGHT © ANTARA 2023