Jakarta (ANTARA News) - Menteri BUMN Dahlan Iskan berhasil menduduki peringkat pertama calon presiden versi pilihan pembaca dengan meraih 24 persen dari total 2.300 kupon Jajak Pembaca sebuah koran terbitan Ibukota Jakarta edisi 13 Januari--13 Februari 2013.

Peringkat dua ditempati Menko Perekonomian Hatta Rajasa meraih 22 persen, disusul Ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud MD (17 persen), Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri (9 persen), Ketua Umum Partai Golkar Aburizal Bakrie (5 persen) dan Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra Prabowo Subianto (3 persen).

"Ada yang menarik dalam survei edisi kali ini. Pembaca ternyata ada juga yang menulis nama lain, selain enam kandidat yang kita tawarkan. Mereka adalah Jokowi, Sutiyoso, Jusuf Kalla, Rhoma Irama dan Yusril Izha Mahendera. Mereka kami gabungkan di capres lainnya mencapai 20 persen," kata Koordinator Jajak Nonstop Ichwanudin Siregar dalam rilisnya, di Jakarta, Rabu.

Sementara itu, menurut pengamat politik Gun Gun Heryanto, pilpres mendatang sangat sulit memunculkan capres alternatif atau capres non-partai politik.

"Aturan main UU mengatur pasangan capres dan cawapres diusung partai atau gabungan parpol, sehingga 2014 belum terbuka untuk capres-capres di luar dari parpol," ujarnya.

Kendati demikian, Gun Gun mengapresiasi sejumlah lembaga survei yang mulai muncul dan menyebutkan sejumlah kandidat capres.

"Semua itu wajar karena memang sudah saatnya. Sekarang sudah memasuki tahun politik dan saya kira apa yang disampaikan dari sejumlah hasil survei patut diapresiasi," demikian Gun Gun.(*)

Pewarta: Ruslan Burhani
Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2013