Beijing (ANTARA) - Kantor Pusat Pengendalian Banjir dan Bantuan Kekeringan Negara China pada Sabtu (10/6) menyatakan telah meluncurkan respons darurat tingkat empat untuk mengatasi bencana banjir menyusul hujan lebat yang melanda wilayah selatan negara tersebut.

Tim kerja yang dikerahkan oleh kantor pusat itu segera berangkat ke Guangxi dan Fujian guna memandu upaya penyelamatan dan bantuan.

Hujan lebat memicu banjir di beberapa bagian Kota Beihai di Daerah Otonom Etnis Zhuang Guangxi, China selatan, pada Jumat (9/6) dan berdampak pada beberapa desa, namun tidak ada laporan korban jiwa.

Kantor pusat tersebut menginstruksikan otoritas daerah untuk memantau perubahan cuaca dengan cermat, meningkatkan patroli di area-area berisiko tinggi, merelokasi warga yang berisiko, serta melindungi mereka yang terlibat dalam upaya penyelamatan.

Curah hujan berintensitas sedang hingga lebat diperkirakan mengguyur beberapa bagian di China selatan dan Yunnan dari Jumat malam hingga Minggu (11/6), dengan hujan badai diperkirakan terjadi di beberapa daerah.

China memiliki sistem tanggap darurat pengendalian banjir empat tingkatan, dengan tingkat satu mewakili respons untuk kondisi darurat paling parah.

Pewarta: Xinhua
Editor: Junaydi Suswanto
COPYRIGHT © ANTARA 2023