Jakarta (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi dam Geofisika (BMKG) memprakirakan sejumlah kota besar di Indonesia berpotensi hujan pada Minggu.

Berdasarkan paparan infoBMKG yang dipantau di Jakarta, warga Pulau Sumatera bagian timur perlu waspada potensi hujan atau petir yang diperkirakan terjadi di wilayah Pangkalpinang, dan hujan dengan intensitas ringan yang diperkirakan terjadi di wilayah Medan dan Pekanbaru.

Sedangkan untuk Banda Aceh dan Tanjung Pinang diperkirakan berawan. Potensi hujan dengan intensitas ringan juga diperkirakan terjadi di wilayah Jambi, Bengkulu dan Palembang. Sedangkan untuk wilayah Bandar Lampung diperkirakan cerah berawan dan Padang diperkirakan berawan.

Di Bali dan Nusa Tenggara, potensi hujan dengan intensitas sedang diperkirakan terjadi di wilayah Mataram. Sedangkan untuk wilayah Kupang diprakirakan cerah berawan, dan Denpasar diprakirakan Berawan.

Beralih ke Pulau Jawa, potensi hujan dengan intensitas ringan diprakirakan terjadi di wilayah Surabaya. Sedangkan untuk wilayah Jakarta esok hari diperkirakan cerah berawan, dan Serang, Bandung, Semarang sampai Yogyakarta diprakirakan berawan.

Kalimantan  perlu waspada adanya potensi hujan dengan intensitas lebat yang diperkirakan terjadi di wilayah Pontianak, dan hujan dengan intensitas ringan yang diperkirakan terjadi di wilayah Palangka Raya, Tanjung Selor dan Banjarmasin. Sedangkan untuk wilayah Samarinda esok hari diperkirakan berkabut

Di Sulawesi waspada adanya potensi hujan dengan intensitas sedang yang diperkirakan terjadi di Kendari, dan hujan dengan intensitas ringan yang diperkirakan terjadi di wilayah Palu dan Mamuju.

Sedangkan untuk wilayah Manado cerah berawan, dan Makassar dan Gorontalo diperkirakan berawan

Ke wilayah timur Indonesia, hujan disertai kilat petir diprakirakan terjadi di wilayah Ambon dan hujan dengan intensitas ringan yang diprakirakan terjadi di wilayah Manokwari. Sedangkan untuk wilayah Ternate dan Jayapura, diprakirakan berawan hingga berawan tebal.

Peringatan dini untuk wilayah yang berpotensi hujan lebat adalah Aceh, Sumatera Barat,Bengkulu, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Lampung, Jawa Barat, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Maluku, Papua Barat dan Papua.

Kemudian wilayah yang berpotensi hujan yang dapat disertai kilat atau petir dan angin kencang adalah Aceh Sumatera Utara, Riau, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Jawa Barat, Jawa Timur, Nusa Tenggara Barat, Kalimantan Barat, Kalimantan Utara, Kalimantan Selatan, Sulawesi Tengah, Maluku, dan Papua Barat.

Informasi prakiraan cuaca berbasis dampak level waspada untuk terdapat di wilayah Sumatera Selatan, Jawa Barat, Kalimantan Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Maluku, Papua Barat dan Papua.

Pewarta: Devi Nindy Sari Ramadhan
Editor: Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2023