Donetsk, Ukraina (ANTARA News) - Borussia Dortmund memaksakan hasil seri 2-2 kala melawan tuan rumah Shakhtar Donetsk dalam leg pertama mereka pada babak 16 Besar Liga Champions. 

Hasil ini dibayangi oleh tragedi memilukan kecelakaan pesawat yang menewaskan sejumlah penggemar Dortmund.

Mats Hummels menciptakan gol penyama kedudukan pada menit 87 dari tendangan pojok, setelah pada menit 68 pemain pengganti Douglas Costa menciptakan gol yang sampai menit 87 disangka menjadi gol penentu kemenangan tuan rumah.

Hasil seri ini meringankan langkah klub asal Jerman tersebut pada leg kedua yang akan berlangsung di Dortmund 5 Maret nanti.

Klub asal Ukraina itu menciptakan gol pertamanya ketika Darijo Srna menjaringkan bola pada menit 31 dari tendangan bebas, namun Dortmund menyamakan kedudukan lewat Robert Lewandowski empat menit sebelum babak pertama usai.

Laga berlangsung seru kendati diselimuti tragedi tewasnya lima orang penggemar bola kibat kecelakaan pesawat di Ukraina timur yang gagal melakukan pendaratan darurat beberapa jam sebelum pertandingan Donetsk versus Dortmund mulai.

Sebelum pertandingan digelar, kedua tim menundukkan kepala selama satu menit untuk menghormati para pendukung yang tewas.

Dortmund mendominasi awal laga dengan beberapa kali menciptakan peluang namun Felipe Santana menciptakan kesalahan yang tak perlu untuk memberi jalan Srna menciptakan gol dari tendangan bebas melewati kiper Roman Weidenfeller. Tim tamu menyamakan kedudukan lewat pemain asal Polandia Robert Lewandowski.

Memasuki babak kedua pemain asal Brazil Douglas Costa menciptakan gol kedua Donetsk enam menit setelah masuk lapangan menyusul kontrol bola yang sempurna untuk diakhiri tendangan berbuah gol.

Beruntung 3 menit menjelang bubaran, juara Liga Champions 1997 itu menyamakan kedudukan setelah bek timnas Jerman mats Hummels menyeruak untuk mengirim sundulan bertenaga yang berujung gol, demikian Reuters. 
(*)

Pewarta: Jafar M Sidik
Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2013