Jakarta (ANTARA) - Batch pertama pasokan bantuan topan yang disumbangkan oleh pemerintah China tiba di Bandar Udara Internasional Yangon Myanmar pada Senin (12/6) dan diserahkan kepada pihak Myanmar.

Kepala Menteri Wilayah Yangon U Soe Thein, Duta Besar (Dubes) China untuk Myanmar Chen Hai, dan sejumlah pejabat dari Komite Penanggulangan Bencana Regional Yangon menghadiri upacara serah terima bantuan di bandara tersebut.

Berpidato dalam upacara itu, Thein berterima kasih kepada China yang telah memberikan bantuan ke area-area terdampak topan di Myanmar, seraya menuturkan bahwa bantuan ini menjadi contoh semangat bertetangga yang baik.

Pasokan bantuan yang disumbangkan oleh China itu akan dikirim ke Negara Bagian Rakhine via kapal sesegera mungkin, ujarnya.

Sementara itu, dalam pidatonya, Chen mengatakan bahwa ini merupakan batch pertama dari pasokan bantuan, yang mencakup kelambu dan selimut, sumbangan pemerintah China untuk area-area terdampak topan di Myanmar.

Batch bantuan selanjutnya akan mencakup barang-barang esensial, seperti makanan, air minum, generator, material pemurni air, dan pasokan lain yang diperlukan, papar Chen.

Sang dubes menyampaikan bahwa sumbangan itu mencerminkan semangat komunitas China-Myanmar dengan masa depan bersama, yang menekankan bantuan dan dukungan kemanusiaan China untuk Myanmar di masa-masa sulit.

Pada 14 Mei 2023, Topan Mocha menerjang Myanmar, menewaskan lebih dari 140 orang dan merusak puluhan ribu rumah. 

 

Pewarta: Xinhua
Editor: Satyagraha
COPYRIGHT © ANTARA 2023