Jakarta (ANTARA) - Klub Liga Inggris Newcastle United mendatangkan pemain muda Yankuba Minteh dari klub Denmark Odense Boldklub.

Yankuba akan resmi menjadi pemain Newcastle pada 1 Juli dan selanjutnya akan dipinjamkan selama satu musim sampai 2024 dengan juara Eredivisi 2022/2023 Feyenoord.

“NUFC telah menyelesaikan kesepakatan untuk menandatangani Yankuba Minteh dari klub Denmark Odense Boldklub, dengan persetujuan,” tulis pengumuman sang pemain seperti dilansir media sosial resmi klub pada Selasa.

“Penyerang Gambia berusia 18 tahun itu akan resmi menyelesaikan kepindahannya ke The Magpies pada 1 Juli 2023 sebelum segera bergabung dengan Feyenoord dengan status pinjaman untuk musim 2023/24. Selamat datang, Yankuba!,” imbuh pengumuman resmi tersebut.
 


The Magpies tidak menyebutkan berapa biaya perekrutan hingga berapa lama kontrak sang pemain.

Namun, menurut informasi yang beredar dari pakar transfer kenamaan Fabrizio Romano, pesepak bola asal Gambia itu direkrut dengan biaya sekitar 7 juta Euro dan diberi kontrak jangka panjang.  


Pada usianya yang menginjak 18 tahun, Yankuba sudah tampil 17 kali bersama Odense Boldklub di Liga Denmark dengan mencetak empat gol dan enam assist.

Baca juga: Ditahan imbang Leicester, Newcastle dipastikan lolos ke Liga Champions

Mengomentari kedatangan sang pemain, Direktur Olahraga Newcastle United Dan Ashworth mengaku sangat senang dapat mengamankan jasa pemain muda yang berposisi sebagai sayap tersebut.

“Kami sangat senang bisa membawa pemain dengan potensi tinggi Yankuba ke Newcastle United,” kata Ashworth, dilansir laman resmi klub.

Kedatangan Yankuba menurut Ashworth adalah salah satu strategi klub untuk memperkuat fondasi dalam jangka waktu yang panjang.

“Dia telah melakukannya dengan sangat baik di musim penuh pertamanya di Denmark, dan dia memiliki karier yang menjanjikan di depannya," kata Ashworth.

"Kami berharap dapat bekerja dengannya dalam fase perkembangannya yang menarik ini, dan kami senang melihat bagaimana dia tampil di Feyenoord, klub yang juga memiliki catatan perkembangan yang kuat,” imbuhnya.

“Selain mendukung tim utama dengan para pemain untuk saat ini dan di sini, kami memiliki filosofi yang jelas untuk berinvestasi pada bakat-bakat baru dan kami ingin menyediakan jalur pemain yang akan membantu membangun dan mempertahankan kesuksesan jangka panjang” tutupnya.

Baca juga: Klopp sangat senang Liverpool bisa dapatkan Mac Allister
Baca juga: Pep Guardiola dikabarkan targetkan tiga transfer pemain baru

Pewarta: Zaro Ezza Syachniar
Editor: Irwan Suhirwandi
COPYRIGHT © ANTARA 2023