Jakarta (ANTARA) - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal Cipta Karya mengungkapkan sembilan paket kegiatan pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara beralih ke tahap konstruksi.

"Untuk 38 paket pembangunan IKN, sebanyak 15 paket sudah tayang lelang dengan 9 paket mulai beralih ke tahap konstruksi," ujar Direktur Jenderal Cipta Karya Diana Kusumastuti di Jakarta, Selasa.

Diana mengatakan sembilan paket yang beralih ke tahap konstruksi tersebut antara lain untuk penyiapan lahan siap bangun (land development) untuk Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) IKN Nusantara Sub Wilayah Pengembangan 1B dan 1C, serta pembangunan jaringan pipa transmisi air minum untuk SPAM Sepaku paket 1.

"Masih ada sisa 23 paket kegiatan IKN yang belum dilelang, mudah-mudahan ini bisa kami lelang pada Juni tahun ini," katanya.

Adapun 23 paket kegiatan pembangunan IKN yang akan dilelang tersebut, antara lain untuk prasarana pemerintahan 2 IKN, bangunan gedung untuk masjid negara, jaringan air limbah dan Kantor Kementerian PUPR.

Baca juga: Menteri PUPR: Transaksi tol nirsentuh tetap diberlakukan di Desember

Baca juga: Kementerian PUPR gunakan sistem hybrid untuk bangun rusun ASN di IKN


Sebelumnya, Kementerian PUPR melakukan penyiapan lahan siap bangun (land development) di Sub-Wilayah Pengembangan 1B dan 1C Kawasan Inti Pusat Pemerintahan atau KIPP IKN Nusantara.

Upaya land development tersebut dilakukan oleh Kementerian PUPR dengan membuka, membentuk strukturnya dengan membuat jalan terlebih dahulu, kemudian membangun kavling-kavling lalu diratakan sehingga menjadi lahan siap bangun. Penyiapan lahan siap bangun tersebut sudah dimulai sejak awal tahun 2023.ini.

Pembangunan IKN mengusung konsep forest city di mana 60-70 persen lahannya untuk kawasan hijau seperti lanskap, ruang publik hijau, taman-taman dan ruang terbuka hijau, sehingga lahan yang dipakai untuk pembangunan sekitar 30-40 persen.

Baca juga: Ditjen Perumahan PUPR dapat anggaran 2024 senilai Rp6,19 triliun

Baca juga: Kementerian PUPR salurkan program BSPS bagi 93.139 rumah di Semester I

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Agus Salim
COPYRIGHT © ANTARA 2023