Jakarta (ANTARA) - Petugas Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Jakarta Timur mengevakuasi warga meninggal dunia dari lantai dua sebuah rumah dengan akses sempit di Kelurahan Kalisari, Kecamatan Pasar Rebo, Jakarta Timur, Selasa.

Kepala Seksi Operasional Sudin Gulkarmat Jaktim Gatot Sulaeman ketika dikonfirmasi, mengatakan, proses evakuasi berlangsung dramatis lantaran petugas harus menurunkan jasad berinisial S (65) itu melalui tangga yang diletakkan di luar rumah berlantai dua.

Setelah dimasukkan ke dalam tandu basket dan diikat kencang, lanjut dia, jasadnya diturunkan secara perlahan oleh petugas.

"Saat di bawah, tandu tersebut langsung ditangkap warga dan anggota Satpol PP yang menunggu. Jasad kemudian, dimasukkan ke dalam rumahnya di lantai dasar," ucapnya.

Baca juga: Petugas Gulkarmat evakuasi korban terjepit mobil di Jakarta Timur

Keluarga korban, kata Gatot, meminta bantuan Gulkarmat Jaktim untuk evakuasi karena jasad korban berada di kamar lantai dua rumahnya dan sulit untuk diturunkan.

"Korban sudah meninggal dunia di lantai dua dan akses tangga di dalam rumahnya tidak bisa dilalui karena sempit sehingga keluarga kesulitan. Kita harus turunkan korban dari luar rumah menggunakan tangga," kata Gatot.

Petugas Gulkarmat pun menerjunkan dalam orang personel untuk mengevakuasi jasad korban.

"Proses evakuasi memakan waktu sekitar 20 menit," katanya. 

Baca juga: Gulkarmat Jaktim evakuasi dua ular sanca di Cipayung

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: Edy Sujatmiko
COPYRIGHT © ANTARA 2023