Beijing (ANTARA) - Otoritas bea cukai China pada Selasa (13/6) menyatakan bahwa mereka telah meluncurkan 16 inisiatif untuk mengoptimalkan lingkungan bisnis di Negeri Tirai Bambu tersebut.

Kebijakan-kebijakan tersebut akan membantu menstabilkan ekspektasi sosial lebih lanjut dan menggenjot optimisme dalam perdagangan luar negeri, menurut sebuah konferensi pers Administrasi Umum Kepabeanan (General Administration of Customs/GAC) China.

Menurut GAC, beragam upaya telah dilakukan untuk meningkatkan efisiensi logistik lintas perbatasan, mendukung impor peralatan teknologi canggih dan barang-barang khusus, mendorong impor dan ekspor produk pertanian serta makanan yang penting, memfasilitasi potongan pajak ekspor, menggenjot peningkatan pemrosesan perdagangan, dan mengoptimalkan pengawasan perdagangan perbatasan.

Pada 2022, administrasi itu telah memperkenalkan 23 kebijakan untuk menstabilkan perdagangan luar negeri, menyediakan dukungan yang solid guna mendongkrak skala perdagangan luar negeri China ke rekor tertinggi, demikian disampaikan pejabat GAC Wu Haiping.

Dalam langkah selanjutnya, Wu memaparkan, GAC akan fokus pada penerapan 16 inisiatif baru, menyerukan kepada kantor-kantor bea cukai daerah untuk memperkenalkan kebijakan pendukung, merancang beragam solusi yang ditargetkan guna mengatasi kesulitan yang dihadapi oleh perusahaan, serta memperkuat implementasi dan umpan balik perihal kebijakan-kebijakan tersebut.

Pewarta: Xinhua
Editor: Junaydi Suswanto
COPYRIGHT © ANTARA 2023