Pekanbaru (ANTARA News) - Sejumlah wilayah di Kota Pekanbaru, Provinsi Riau, Sabtu malam, dilanda hujan berintensitas tinggi yang turun disertai petir.

Hujan baru terjadi sekitar pukul 18.30 WIB, namun kurang dari 30 menit saja, peristiwa itu menyebabkan sejumlah ruas jalan dan areal kompleks perumahan yang berada di Kecamatan Tenayan Raya tergenang.

Seperti di Jalan Bukitbarisan, meski tatanan drainase di kawasan ini cukup apik, namun lebatnya hujan yang turun mengakibatkan banjir.

Beberapa titik tertentu pada kawasan ini bahkan tampak tergenang air cukup tinggi, mencapai lebih dari 40 centimeter mengakibatkan pengemudi harus mengurangi kecepatannya.

Petir yang sesekali terjadi juga mengakibatkan satu kawasan perumahan di Kecamatan Tenayan Raya harus gelap gulita setelah travo yang mengatur distribusi listrik milik PLN tersambar dan hangus.

"Kejadiannya baru saja, sekitar 15 menit setelah turun hujan," kata Hendra, petugas keamanan perumahan itu.

"Kami telah menghubungi petugas PLN, mungkin sebentar lagi datang untuk memperbaiki travo yang tersambar petir," kata warga lainnya.

Hingga melampaui pukul 19.10 WIB, hujan deras dengan sesekali disertai petir dan kilat masih melanda sejumlah kawasa Kota Pekanbaru.

Sebelumnya Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Pekanbaru telah memprakirakan sebagian besar wilayah Riau termasuk Pekanbaru bakal dilanda hujan pada malam hari.

Pekanbaru menurut analis lembaga pemantau cuaca itu merupakan salah satu kawasan yang rentan dilanda hujan dengan intensitas cukup tinggi dan merata.

(KR-FZR/I006)

Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2013