Jakarta (ANTARA) - Pendiri Asosiasi Sekolah Sepak Bola Indonesia (ASSBI) Taufik Jursal Effendi menilai Ketua Umum PSSI Erick Thohir cerdas melihat peluang PSSI menggaet sponsor lewat penyelenggaraan FIFA Match Day di Tanah Air.

“Sebagai orang yang mengerti sepak bola dan paham bisnis, Erick sangat cerdas melihat peluang mendapatkan sponsor untuk kegiatan Timnas Indonesia sehingga FIFA Match Day tak hanya mengasah kemampuan dan meningkatkan harkat bangsa, tetapi juga mampu mendapatkan sponsor yang loyal," kata Taufik dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Rabu.

Taufik mengatakan penyelenggaraan FIFA Match Day berpotensi menggaet sponsor untuk mendanai kegiatan sepak bola di suatu negara karena peringkat di FIFA dari timnas yang memenangkan laga itu akan meningkat.

Taufik menyampaikan jika Timnas Indonesia berhasil menang melawan Timnas Palestina pada pertandingan yang digelar di Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya, Jawa Timur, Rabu, maka peringkat Timnas Indonesia di FIFA bisa meningkat sebanyak empat poin.

Baca juga: Akademisi apresiasi ide Erick sumbang penjualan tiket untuk Palestina
Baca juga: Akademisi: Laga lawan Palestina nilai positif bagi hubungan diplomatik


Peningkatan peringkat itu, kata dia, berpotensi membuat PSSI mendapatkan calon sponsor potensial untuk kegiatan Timnas Indonesia.

Taufik memberikan contoh Timnas Jerman saat ini menempati peringkat ke-11 di FIFA. Dengan berada di peringkat tersebut, sponsor akan loyal terhadap Timnas Jerman.

“Pertandingan piala dunia, pertandingan AFC dan pertandingan AFF saja tidak secara otomatis mengangkat peringkat suatu negara di FIFA. Saya melihat Erick sangat cerdas melihat peluang untuk mendongkrak peringkat Indonesia di FIFA. Dia paham betul memanfaatkan FIFA Match Day yang hanya sembilan kali dilaksanakan," ucapnya.

Menurut Taufik, sebagian Ketua Umum PSSI terdahulu belum banyak mengerti hal-hal berkenaan dengan sepak bola sehingga mereka tidak dapat melihat nilai strategis dari penyelenggaraan FIFA Match Day.

Pewarta: Tri Meilani Ameliya
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2023