Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menerjunkan  700 petugas gabungan untuk memeriksa hewan kurban menjelang Idul Adha 1444 Hijriah di Ibu Kota.
 
"Alhamdulillah tahun 2023 ini kita akan menerjunkan 700 petugas," kata Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian (KPKP) DKI Jakarta Suharini Eliawati dalam Rapat Kerja Komisi B DPRD Provinsi DKI Jakarta di Gedung DPRD DKI, di Jakarta, Rabu.
 
Suharini menyebutkan, sebanyak 700 petugas gabungan itu terdiri atas unsur Dinas KPKP, Fakultas Kedokteran Hewan Institut Pertanian Bogor (FKH IPB), Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia (PDHI) DKI Jakarta, dan Kementerian Pertanian.
 
Selain itu, Suharini berharap segala upaya dan sinergi dari Pemerintah Daerah (Pemda), Pemerintah Pusat, dan komunitas gabungan lainnya dapat mencegah kekhawatiran atas hewan kurban selama ini.
 
"Meskipun sekarang ini COVID-19 sudah melandai, tetap kita harapkan tidak terjadi kerumunan sehingga kekhawatiran-kekhawatiran yang muncul selama ini tidak terjadi," ujar Suharini.
 
Diketahui, Petugas dari Dinas KPKP DKI Jakarta melakukan pemeriksaan terhadap sejumlah tempat penampungan atau penjualan hewan kurban di wilayah Jakarta menjelang Idul Adha 1444 Hijriah.
 
"Sudah dimulai akhir Mei 2023, Pemprov DKI Jakarta melalui Dinas KPKP melaksanakan kegiatan pengawasan dan pemeriksaan hewan kurban di tempat penampungan atau penjualan hewan kurban di wilayah DKI Jakarta," kata Kepala Dinas KPKP DKI Suharini Eliawati saat dikonfirmasi di Jakarta, Minggu.
 
Kegiatan tersebut dalam rangka menjamin kesehatan dan keamanan masyarakat dalam berkurban serta mencegah penyakit hewan menjelang Idul Adha pada akhir Juni 2023.
 
"Penilaian kelayakan tempat penampungan atau penjualan hewan kurban terkait fasilitas penunjang seperti atap peneduh, pagar pengaman, kandang karantina dan isolasi, penampungan limbah serta area disposal juga menjadi poin pengawasan petugas," kata Suharini.
Baca juga: Legislator minta Tim Pemantau Pemotongan Hewan Kurban DKI diperbanyak
Baca juga: Legislator desak DKI perketat seleksi hewan ternak jelang Idul Adha
Baca juga: Legislator minta perketat pengawasan penggunaan air tanah di DKI

Pewarta: Siti Nurhaliza
Editor: Ganet Dirgantara
COPYRIGHT © ANTARA 2023