Beijing (ANTARA News) - Pemerintah Republik Rakyat China kembali menyerukan kepada seluruh pihak yang terkait untuk menahan diri, terkait peningkatan ekskalasi di Semenanjung Korea, paska uji coba ketiga nuklir oleh Korea Utara awal pekan lalu.

"Situasi di Semenanjung Korea saat ini sangat sensitif dan kompleks, kami menyerukan semua pihak untuk tidak melakukan langkah yang akan memperkeruh situasi tersebut," kata Juru Bicara Kementerian Luar Negeri China Hong Lei di Beijing, Senin.

China berharap pembahasan tentang tindakan Korea Utara itu di Dewan Keamanan PBB harus benar-benar dapat mewujudkan penghapusan senjata nuklir, non-proliferasi untuk menciptakan perdamaian serta stabilitas di Semenanjung Korea.

Sebelumnya, Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) Ban Ki-moon mengutuk tindakan Korea Utara yang mengadakan uji coba nuklir pada awal pekan lalu.

Sementara itu beberapa diplomat PBB mengatakan bahwa Dewan Keamanan telah menjadwalkan pertemuan darurat untuk membicarakan kemungkinan pemberlakuan rangkaian sanksi baru bagi Pyongyang.

Misi PBB Korea Selatan menyatakan telah mendesak 15 negara anggota Dewan Kemanan untuk membicarakan uji coba nuklir Korea Utara.

Korea Selatan merupakan presiden dari dewan keamanan bulan ini. Dengan posisi tersebut, Korea Selatan dapat memastikan tindakan Korea Utara menjadi isu prioritas bagi badan PBB yang paling berkuasa setidaknya sampai akhir Februari.
(ANT)

Editor: Desy Saputra
COPYRIGHT © ANTARA 2013