Jakarta (ANTARA) - Tim nasional Indonesia menggelar latihan perdana jelang melawan timnas Argentina nanti pada 19 Juni di Lapangan A Gelora Bung Karno (GBK), Kamis.

Seusai bermain imbang 0-0 melawan Palestina di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya, Rabu (14/6) malam, timnas langsung terbang ke Jakarta dan keesokan harinya langsung menggelar latihan pada sore hari.

Dipimpin langsung oleh pelatih Shin Tae-yong, pemain-pemain mulai memasuki Lapangan A GBK pada pukul 17.00 WIB.

Baca juga: Erick Thohir ingatkan laga 19 Juni bukan Indonesia vs Messi All Star

Jelang empat hari menuju pertandingan melawan pemenang Piala Dunia 2022 Qatar, sebelum latihan di Lapangan A GBK itu dimulai, pelatih Shin Tae-yong sempat memberikan instruksi dengan meminta anak-anak asuhnya menikmati pertandingan melawan Angel Di Maria dan kawan-kawan.

“Lawan Argentina harus menikmati. Pemain-pemain jangan ada takut dan jangan ada yang gelisah. Ini tidak mudah, tapi kalian harus bisa mengontrolnya biar bisa nikmati pertandingan. Seperti itu yang pemain harus pemain paham,” kata Shin Tae-yong.

Menambahkan, kata pelatih asal Korea Selatan itu, berkaca dari skor kacamata melawan Palestina dan beberapa hari jelang melawan Argentina, ia juga menilai timnas Indonesia masih mempunyai peluang menang meskipun tipis.

“Tanggal 19 lawan Argentina, kita pasti dapat peluang, walaupun peluang pertandingannya 7:3,” kata pelatih Shin.

Baca juga: Pedagang jual aksesoris Argentina pada laga Indonesia vs Palestina

“Harus bisa finishing dengan baik. Kalau begitu kita menang, sekali lagi kita tegaskan, kita cetak gol dan gak kemasukan maka menang. Untuk finishing harus lebih fokus lagi,” tambahnya.

Seusai memberikan instruksi tersebut, para pemain melakukan pemanasan dengan jogging mengelilingi lapangan.

Latihan kemudian dilanjutkan dengan membagi antara pemain yang bermain inti melawan Palestina dan juga pemain yang menjadi cadangan atau bahkan tidak tampil sama sekali.

Untuk pemain inti seperti Marc Klok, Ricky Kambuaya, Elkan Baggot, Dimas Drajad, hingga Marselino Ferdinan terlihat hanya latihan ringan di tepi lapangan.

Sementara pemain cadangan atau pemain yang tidak tampil pada FIFA Match Day di Stadion GBT kemarin terlihat mengikuti sesi latihan khusus dengan intensitas yang lebih tinggi.

Semua pemain yang masuk skuad melawan Palestina hadir dalam latihan yang ada di salah satu lapangan di komplek GBK tersebut.

Setelah satu jam berjalan, latihan kemudian ditutup dengan semua pemain dan staf berkumpul di tengah lapangan.

Indonesia akan menghadapi Argentina pada Senin (19/6) nanti di Stadion Utama GBK pukul 19.30 WIB.

Pertandingan ini merupakan rangkaian kedua tim Merah Putih yang bertajuk FIFA Match Day bulan Juni.

Baca juga: Graham Arnold: Australia akan lakukan apa saja demi hentikan Messi

Pewarta: Zaro Ezza Syachniar
Editor: Teguh Handoko
COPYRIGHT © ANTARA 2023