Pekanbaru (ANTARA News) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Riau menyatakan sekitar 3.500 warga di Kabupaten Rokan Hulu mengungsi akibat banjir yang menggenangi tempat tinggal mereka seminggu terakhir.

"Rekapitulasi sementara ini yang terkena banjir di Rokan Hulu mencapai sedikitnya 5.033 rumah, dan 771 keluarga atau sebanyak 3.500 warga di antaranya terpaksa mengungsi," kata Kasie Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Riau Mitra di Pekanbaru, Selasa.

Menurut Mitra, ketinggian air banjir berkisar 60 centimeter hingga sekitar dua meter. Banjir telah melanda 26 desa di sembilan kecamatan.

Ia mengatakan bahwa warga terpaksa mengungsi ke rumah kerabatnya yang berlokasi di dataran yang lebih tinggi.

Penyebab banjir disebabkan curah hujan yang tinggi yang memicu Sungai Rokan dan Sungai Batang Lubu meluap.

Ia mengatakan, naiknya permukaan air selain menggenai perumahan juga merusak fasilitas umum seperti jalan dan jembatan sehingga aktivitas warga nyaris lumpuh.

"Satu jembatan di Desa Rambah Kumu Kecamatan Rambah Hilir putus akibat terkena material banjir. Bahkan, sekolah juga terpaksa diliburkan," katanya.

Meski begitu, ia mengatakan belum ada korban jiwa dalam musibah banjir di Rokan Hulu.

Hingga kini, ia mengatakan, bantuan untuk korban terus dialirkan untuk mengurangi penderitaan warga korban banjir.

"Selain bantuan pangan dan pakaian, kami juga mengerahkan satu unit perahu karet, dua tenda, serta dua truk serbaguna yang bisa digunakan untuk dapur umum," ujarnya.

(F012/)

Editor: Suryanto
COPYRIGHT © ANTARA 2013