Jakarta (ANTARA) - Finance Director PT Wintermar Offshore Marine Tbk (Kode saham: WINS) Janto Lili memperkirakan permintaan untuk kapal yang beroperasi di lepas pantai Offshore Supply Vessel (OSV) akan terus meningkat ke depan.

“Jadi pasokan minyak masih belum cukup untuk memenuhi permintaan minyak dunia yang menyebabkan harga minyak jadi lebih tinggi. Siklus baru dalam aktivitas pengeboran telah dimulai dan permintaan serta peningkatan sewa kapal OSV akan semakin meningkat,” katanya dalam Public Expo daring, Jumat.

Untuk itu, WINS telah membeli 6 kapal tambahan di 2022 dan 1 kapal di 2023 dengan nilai total 17,3 juta dolar AS dimana empat dari tujuh kapal tersebut diperkirakan siap beroperasi di akhir 2023.

Selain penambahan kapal, ia yakin kinerja WINS juga akan terus bertumbuh karena rasio gearing WINS yang sekitar 10 persen pada 2022 masih kecil.

“Strategi kami untuk bertumbuh ke depan adalah membeli tipe kapal tertentu untuk memperluas armada, meningkatkan profitabilitas armada, melakukan efisiensi melalui pengembangan teknologi, serta meningkatkan pendapatan dari jasa manajemen kapal,” katanya.

Pada kesempatan yang sama, Managing Director WINS Sugiman Layanto memandang kebutuhan terhadap kapal OVS akan meningkat beberapa tahun ke depan seiring dengan kegiatan-kegiatan dan investasi yang akan dilakukan oleh perusahaan minyak dan gas.

Ia mengatakan permintaan terhadap kapal akan lebih tinggi dibandingkan ketersediaan atau kondisinya berbalik dibandingkan sebelumnya.

“Baiknya buat perseroan, karena fokus kita adalah menyediakan kapal untuk deep water, kita bisa meningkatkan chartered business khusus untuk PSV (Platform Supply Vessel) yang permintaannya cukup positif,” katanya.

Adapun WINS memproyeksi laba semester I 2023 meningkat menjadi 1,6 juta dolar AS.

Pendapatan WINS juga diperkirakan meningkat 51 persen secara tahunan menjadi 15,9 juta dolar AS di semester I 2023.

 

Pewarta: Sanya Dinda Susanti
Editor: Nurul Aulia Badar
COPYRIGHT © ANTARA 2023