Kuala Lumpur (ANTARA News) - Pemerintah Singapura mengingatkan kepada Italia bahwa gembong pengatur skor pertandingan, Tan Seet Eng, yang dikenal dengan nama Dan Tan, akan tiba di Milan dengan menggunakan pesawat terbang.

"Orang itu dicari Pemerintah Italia karena diduga terlibat dalam pengaturan sejumlah pertandingan. Organisasi mereka berada di Singapura dan diorganisir oleh Tan Seet Eng," kata Sekjen Interpol, Ronald Noble.

Ia berbicara dalam konferensi internasional untuk memerangi pengaturan skor pertandingan, di Kuala Lumpur, Kamis.

"Ia bukan berkewarganegaraan Singapura," katanya menegaskan sebagaimana dikutip dari Reuters.

Penyelidikan gabungan antara Europol - agen anti kriminal Eropa serta petinggi pengadilan nasional - mengidentifikasi bahwa ada sekitar 680 pertandingan hasilnya telah diatur, termasuk laga dalam babak penyisihan Piala Dunia serta Kejuaraan Eropa, di antaranya Liga Champions.

Pemerintah Italia mengeluarkan surat penangkapan Dan Tan. Ia diduga sebagai tokoh di balik layar sindikat pengaturan pertandingan yang bermarkas di Singapura.

Singapura bekerja sama dengan Pemerintah negara Eropa sedang gencar meneliti sindikat itu. Kesulitannya, pelaku utama relatif sulit diekstradisi.

Noble mengatakan, gembong judi itu terbang dari Singapura pada Kamis dan akan ditahan di Bandara Milan.

AC Milan dan Inter Milan akan menjalani laga derby dalam ajang kompetisi Serie A pada Minggu (24/2).
(ANT)

Editor: AA Ariwibowo
COPYRIGHT © ANTARA 2013