Beijing (ANTARA) - Pusat Meteorologi Nasional China, Minggu (18/6) memperbarui peringatan kuning untuk hujan badai di beberapa bagian di negara tersebut.

Mulai Minggu pukul 14.00 hingga Senin (19/6) pukul 14.00 waktu setempat, hujan badai diperkirakan menerjang beberapa bagian di Hubei, Henan, Anhui, Jiangsu, Shanghai, Zhejiang, Jiangxi, Hunan, Chongqing, Guizhou, Sichuan, Yunnan, Shanxi, dan Hebei.

Hujan deras hingga 200 mm berpotensi melanda sejumlah bagian daerah-daerah tersebut, seperti disampaikan pusat meteorologi itu.

Beberapa daerah tersebut juga kemungkinan mengalami hujan deras jangka pendek dengan curah hujan hingga lebih dari 70 mm per jam, disertai badai petir dan angin kencang.

Pihak pusat meteorologi menyarankan pemerintah daerah untuk melakukan persiapan dan memeriksa sistem drainase di kota, lahan pertanian, dan tambak ikan.

Mereka juga menyarankan agar mengambil langkah pengendalian lalu lintas di ruas jalan yang mengalami hujan lebat, mengatur lalu lintas di jalan-jalan yang tergenang air dan menghentikan kegiatan operasional luar ruangan di area-area yang berbahaya.

China memiliki sistem peringatan cuaca empat tingkat berkode warna, dengan merah mewakili peringatan paling parah, diikuti oleh oranye, kuning, dan biru.

Pewarta: Xinhua
Editor: Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2023