Urumqi (ANTARA) - Sebuah kereta kargo yang mengangkut suku cadang kendaraan, pakaian, dan barang lain, Sabtu (17/6), berangkat dari Alataw Pass, pelabuhan darat utama di Daerah Otonom Uighur Xinjiang, China barat laut, menuju Malaszewicze di Polandia.

Kereta kargo itu menjadi kereta kargo ke-3.000 yang melewati Alataw Pass di tahun 2023.

Menurut Liu Junping dari Stasiun Kereta Alataw, waktu pemrosesan perizinan bea cukai untuk kereta kargo outbound telah dipangkas menjadi kurang dari lima jam, sementara waktu pemrosesan untuk kereta kargo inbound juga dipersingkat.

Liu mengatakan bahwa sejak awal tahun 2023, stasiun tersebut telah memperluas transportasi multimoda, membenahi gudang penyimpanan dan meningkatkan kapasitasnya, serta membangun sejumlah jalur kereta baru guna meningkatkan kualitas dan efisiensi layanan kereta kargo China-Eropa.

Saat ini, sebanyak 104 rute melewati Alataw Pass, menghubungkan 21 negara dan kawasan, termasuk Jerman, Belgia, dan Polandia. Kereta kargo China-Eropa kini mengangkut lebih dari 200 kategori barang.

Beberapa barang ekspor utama yang diangkut melalui Alataw Pass adalah kendaraan dan suku cadang kendaraan, peralatan rumah tangga, dan barang-barang kebutuhan sehari-hari; sementara sebagian besar impor meliputi kendaraan, suku cadang kendaraan, produk-produk mekanis, dan benang katun.


 

Pewarta: Xinhua
Editor: Fransiska Ninditya
COPYRIGHT © ANTARA 2023