Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Kota Jakarta Selatan (Pemkot Jaksel) mengakui, sampai saat ini telah memvaksin rabies gratis pada ratusan anjing di daerah itu guna mempertahankan predikat Jakarta bebas penyakit itu sejak 2004.

"Sampai Juni 2023 ini, kami sudah melakukan vaksinasi gratis sebanyak 369 ekor anjing," kata Kepala Seksi Peternakan dan Kesehatan Hewan, Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) Jakarta Selatan Irawati Harry saat dihubungi di Jakarta, Senin.

Irawati menjelaskan jumlah anjing tersebut telah menerima vaksin bersamaan dengan hewan lainnya yakni 3.044 ekor kucing, 27 ekor kera dan 16 ekor musang dengan total keseluruhan 3.456 ekor.

Selain sudah mendapatkan vaksinasi gratis, pihaknya juga melakukan sterilisasi gratis kepada 300 ekor kucing di wilayahnya hingga Juni 2023.

Terlebih, lanjut dia, pihaknya juga rutin melakukan sosialisasi melalui media sosial Instagram agar masyarakat bisa terus mendapatkan informasi pencegahan rabies.

Baca juga: Jakarta Selatan gencarkan vaksinasi HPR

"Kalau sosialisasi, kami sering melalui media sosial baik di Instagram Dinas KPKP DKI maupun Suku Dinas KPKP Jakarta Selatan," katanya.

Dengan demikian, pihaknya memastikan ribuan hewan yang ada di Jakarta Selatan dalam keadaan sehat dan bebas dari penyakit rabies yang bisa membahayakan manusia.

Jakarta sudah ditetapkan sebagai kota bebas rabies sejak 2004 oleh Kementerian Pertanian melalui Keputusan Menteri Pertanian Nomor 566/Kpts/PD.640/10/2004 tentang Pernyataan Provinsi DKI Jakarta Bebas Rabies.

Data dari Kementerian Kesehatan menunjukkan bahwa terdapat lebih dari 31.113 kasus rabies dan 11 kasus kematian akibat penyakit tersebut di Indonesia sepanjang 2020 hingga April 2023.

Dari jumlah tersebut, sebanyak 95 persen kasus rabies disebabkan oleh gigitan anjing dan lebih dari 40 persen kasus rabies terjadi pada anak-anak.

Baca juga: Pemkot Jakbar memvaksinasi rabies 7.970 hewan pada 2022

Pewarta: Luthfia Miranda Putri
Editor: Edy Sujatmiko
COPYRIGHT © ANTARA 2023