Jakarta (ANTARA) - Sejumlah masyarakat yang menjadi sasaran penerima bakti sosial Polri Presisi dalam menghadapi HUT ke-77 Bhayakara merasakan manfaat dari kegiatan yang dilaksanakan oleh jajaran kepolisian.

Dalam video konferensi dengan Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo di Lapangan Bhayangkara Polri, Jakarta, Senin, Istiqomah, warga Desa Jatirejo, Jawa Timur, menyampaikan rasa terima kasihnya karena telah dibangunkan fasilitas air bersih di wilayahnya.

“Kami sangat bersyukur dengan adanya air bersih ini dan ini hadiah yang sangat membanggakan dan membahagiakan kami sebagai masyarakat Desa Jatirejo. Terima kasih Bapak Kapolri semoga diberikan kesehatan dan Polri semakin di hati,” ujar Istiqomah.

Total ada 70 lokasi pembangunan fasilitas tempat air bersih yang dilaksanakan oleh polda jajaran di 34 provinsi.

Desa Jatirejo, salah satu desa yang memiliki permasalahan dengan ketersediaan air bersih. Warga kesulitan air bersih di musim kemarau saat ini. Walau ada banyak sumber mata air, tetapi tidak layak untuk dikonsumsi.

“Kami memang benar-benar membutuhkan air bersih. Bapak Kapolri telah membantu desa kami mendapatkan air bersih,” kata Istiqomah.

Selain membangun fasilitas air bersih, bakti sosial Polri Presisi juga menggelar bakti sosial religi seperti tahun sebelumnya, yakni memperbaiki, membersihkan dan merapikan 2.170 tempat ibadah, yang terdiri atas 1.195 masjid/mushola, 706 gereja, 118 pura, 77 vihara, dan 74 klenteng.

Ketua Gereja Kristen Injili Indonesia (GKII) Sinode Papua Pendeta Petrus Bonyadone menyampaikan kebahagiaannya karena Polri telah membantu pembangunan gereja untuk masyarakat beribadah.

"Masyarakat Papua akan menjaga dan merawat gereja yang telah dibantu oleh Polri. Atas nama gereja Indonesia di Papua kami ucapkan banyak terima kasih untuk giat sosial Polri bagi pembangunan," kata Pendeta Petrus.

Rasa terima kasih juga disampaikan Peglingsir Puri Agung Jero Kuta I Gusti Ngurah Jaka Pratidnya atas bakti religi Polri yang mengecat seluruh bagian pura.

“Kami selaku pengemong Pura Uluwatu menghaturkan banyak terima kasih kepada Bapak Kapolri yang sudah membuat bagus pura," kata Gusti Ngurah.

Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo pun menyampaikan terima kasihnya kepada seluruh jajarannya atas dedikasi dan loyalitasnya membantu masyarakat.

Jenderal bintang empat itu juga meminta para kepala kepolisian daerah (kapolda) untuk menindaklanjuti sumber air tambahan yang diinginkan warga.

"Saya berharap sumber air bersih ini bermanfaat bagi masyarakat," kata Sigit.

Sedangkan untuk pembangunan gereja di Papua, Sigit menitipkan pesan untuk terus menjaga kedamaian dan stabilitas keamanan, sebab dukungan dari pendeta serta tokoh agama sangat diperlukan.

"Kerja sama dengan seluruh masyarakat khususnya tokoh masyarakat dan agama sangat penting untuk menjaga kedamaian Bumi Cenderawasi," kata Kapolri.

Bakti sosial Polri Presisi juga menyasar anggota kepolisian yang rumahnya direnovasi lebih layak huni. Dua anggota yang menerima bantuan renovasi rumah, Bripka Johan dan Aipda Mulyadi berterima kasih kepada Kapolri karena rumahnya menjadi lebih bagus lagi.

Kepada anggota yang mendapatkan bantuan ini, Kapolri berpesan agar lebih bersemangat lagi dalam menjalankan tugas, lebih dekat dan melayani serta mengayomi masyarakat agar institusi Polri semakin dicintai.

“Terus dilanjutkan dan ditingkatkan," pesan Sigit.
 

Pewarta: Laily Rahmawaty
Editor: Laode Masrafi
COPYRIGHT © ANTARA 2023