Beijing (ANTARA) - Kementerian Sumber Daya Air China meluncurkan respons darurat tingkat empat terhadap banjir, Senin (19/6), seiring hujan lebat yang diperkirakan mengguyur wilayah selatan negara itu dalam beberapa hari ke depan.

Hujan diperkirakan melanda sebagian wilayah China barat daya, wilayah-wilayah di sebelah selatan Sungai Yangtze dan China selatan, serta bagian tenggara Provinsi Hubei pada Selasa hingga Minggu (25/6).

Ketinggian air di wilayah itu diprediksi melampaui garis kewaspadaan di beberapa sungai di daerah-daerah yang terdampak, serta berpotensi banjir besar di beberapa sungai berukuran sedang dan kecil.

Kementerian itu mengaktifkan respons darurat tingkat empat terhadap banjir di Jiangsu, Zhejiang, Anhui, Fujian, Jiangxi, Hubei, Hunan, Guangxi, Guizhou, dan Yunnan.

Kementerian itu juga mengirim sejumlah kelompok kerja ke Hubei, Jiangxi, Hunan, Guangxi dan Guizhou untuk memandu daerah-daerah ini dalam penanggulangan banjir.

Kementerian itu juga memerintahkan departemen setempat untuk mewaspadai perubahan curah hujan, ketinggian air, dan situasi banjir di daerah mereka, serta terus mengawasi proyek konservasi air.

China memiliki sistem respons darurat pengendalian banjir empat tingkat, dengan tingkat satu mewakili respons darurat terkuat.


 

Pewarta: Xinhua
Editor: Fransiska Ninditya
COPYRIGHT © ANTARA 2023