Jakarta (ANTARA News) - Ketua Dewan Audit Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Ilya Avianti mengatakan pihaknya akan segera merekrut 70 auditor pada 2013 guna mewujudkan industri jasa keuangan yang sehat dan stabil.

"Sekarang sudah ada sekitar 30-an auditor dari Kementerian Keuangan dan Bank Indonesia. Nanti kita akan open recruitment siapa saja yang akan masuk kita rekrut kembali," kata Ilya usai mengadakan pertemuan dengan sejumlah asosiasi profesi internal audit di Jakarta, Jumat.

Menurut Ilya, saat ini dibutuhkan sekitar 100 auditor internal untuk membantu tugas OJK mewujudkan industri jasa keuangan yang sehat, stabil dan bisa tumbuh secara berkesinambungan.

Dia mengatakan jumlah auditor yang akan direkrut perlahan akan terus bertambah mengingat tugas lembaga pengawas itu akan semakin berat di masa mendatang. Meski tidak menyebutkan detil perekrutan, Ilya mengatakan prosesnya akan dilakukan sesegera mungkin.

"Nanti kita akan open recruitment siapa saja yang akan masuk, kapannya ya sesegera mungkin," ujarnya.

Sejak akhir Januari lalu, Dewan Audit OJK telah meminta masukan dari beberapa asosiasi profesi bidang audit internal, manajemen risiko dan quality assurance untuk membentuk suatu model audit internal guna mewujudkan industri jasa keuangan yang sehat dan stabil.

Model audit intenal, manajemen risiko dan kepatuhan yang terintegrasi yang dicanangkan itu akan membantu tugas OJK yang berat. OJK juga berharap asosiasi profesi bidang internal audit bisa membantu memperkenalkan model pengawasan tersebut kepada industri jasa keuangan.
(ANT)

Editor: Desy Saputra
COPYRIGHT © ANTARA 2013