Jakarta (ANTARA/JACX) – Partai NasDem mendeklarasikan Anies Baswedan sebagai bakal calon Presiden 2024 pada 3 Oktober 2022 lalu.

Sebuah unggahan Twitter menarasikan Anies tidak akan melanjutkan semua program Presiden Jokowi jika ia terpilih menjadi Presiden di 2024 mendatang.

Berikut narasi dalam unggahan tersebut:

“Ngeri ka’le ini tanda2 ga’benar akan kelaut, kelanjutan itu sangat penting apa lagi 82 % Rakyat Indonesia terCinta merasa puas dengan K e r j a K e r a s Bpk Joko Widodo Presiden RI ke 7 MERDEKANamun, benarkah Anies menyatakan jika ia terpilih menjadi presiden tidak akan melanjutkan semua program Presiden sebelumnya?”
 

Tangkapan layar misinformasi yang menyatakan Anies tidak akan melanjutkan semua program Jokowi jika jadi presiden. Faktanya, unggahan tangkapan layar tersebut merupakan editan. (Twitter)
Penjelasan:

Berdasarkan penelusuran ANTARA, tangkapan layar media tersebut merupakan editan. Judul asli berita media Fajar yang berjudul “Anies Baswedan Tegaskan Tidak Semua Program Jokowi Akan dilanjutkan Jika Jadi Presiden”. Dalam berita tersebut dinarasikan Anies Baswedan menyatakan bahwa tidak semua program yang sudah dijalankan Jokowi akan dilanjutkan jika jadi presiden. 

Menurutnya, pemilu nanti bukan ajang untuk memberikan garansi meneruskan kinerja pemerintahan periode 2024-2029. pemilu adalah upaya untuk merebut kekuasaan dengan komitmen memperbaiki atau meluruskan jalan yang jadi tujuan bangsa dan negara. Sehingga, ketika proyek pembangunan Jokowi selama ini ada yang tidak sesuai dengan tujuan bangsa dan negara, maka tak mungkin dilanjutkan.

Dengan demikian, artikel yang menyatakan Anies tidak akan melanjutkan semua program Jokowi jika jadi presiden merupakan keliru. Faktanya, artikel tersebut merupakan editan.

Klaim: Artikel Anies tidak akan lanjutkan semua program Jokowi jika jadi presiden

Rating: Misinformasi

Cek fakta: Hoaks! Video Puan tawarkan diri jadi Cawapres Anies

Cek fakta: Hoaks! Video Ganjar diciduk Bawaslu karena bagikan sembako saat kunjungan kerja

Baca juga: PKS sebut tak khawatir Demokrat berpaling dari koalisi

Pewarta: Tim JACX
Editor: Indriani
COPYRIGHT © ANTARA 2023