Berlin (ANTARA) - China siap bekerja sama dengan Jerman dalam meningkatkan hubungan kedua negara ke level yang baru sehingga semakin mendukung pembangunan kedua negara dan menyuntikkan energi positif baru serta stabilitas dunia, kata Perdana Menteri China Li Qiang saat berbicara dengan Kanselir Jerman Olaf Scholz pada Selasa waktu setempat. 

Li menegaskan bahwa saat Scholz mengunjungi China pada November tahun lalu, Presiden China Xi Jinping dalam pembicaraan mendalam dengan sang kanselir sudah memetakan arah pengembangan hubungan China-Jerman pada masa mendatang.

Sebagai sama-sama negara berpengaruh, China dan Jerman, yang satu sama lain merupakan mitra kredibel dan dapat diandalkan dalam menuju modernisasi, harus bekerja sama lebih erat lagi, kata Li.

Sejak membuka hubungan diplomatik 51 tahun silam, China dan Jerman terus memperdalam dialog dan kerja sama dalam semangat saling menghormati dan saling menguntungkan, menempa kemitraan strategis secara menyeluruh, serta bersama-sama memajukan hubungan China-Uni Eropa yang sehat dan stabil, sambung Li.

Li mengusulkan upaya mengatasi perubahan iklim sebagai salah satu visi panduan untuk kerja sama China-Jerman pada masa mendatang.

Kedua negara harus memajukan kerja sama dalam teknologi dan industri hijau, serta menjajaki pembentukan pembagian kerja yang rasional dan teratur dalam rantai industri energi hijau, pungkas Li.



 

Pewarta: Xinhua
Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2023