Jakarta (ANTARA News) - Para pemain tim nasional U-19 yang menjadi juara turnamen HKJC di Po Kong Village Road Park Hongkong menyatakan harapan mereka untuk segera mendapatkan kesempatan bermain di kompetisi profesional.

"Saya secara objektif ingin mencari klub profesional baik di luar ataupun di dalam negeri," kata Gavin Kwan Adsit yang berhasil meraih gelar pemain terbaik dalam turnamen tersebut saat ditemui di Jakarta, Jumat.

Gavin sendiri mengaku sebelumnya ia sempat dihubungi oleh pencari bakat dari klub CRF Cluj yang berlaga di Liga I Rumania untuk bergabung bersama mereka.

"Saya sempat ditawari untuk masa percobaan selama enam bulan, tapi sekarang belum ada pembaharuan informasi lagi dari mereka, mungkin karena di sana sebentar lagi juga libur kompetisi dan masa transfer sudah selesai," ujar pemain berusia 16 tahun tersebut.

Kemudian Gavin juga mengaku selama ini ia kerap beberapa kali ikut latihan bersama klub Bali Dewata, meskipun tidak tergabung sebagai anggota tim.

Sementara itu, rekan Gavin di skuad Garuda Muda yang juga mendapat gelar pemain terbaik dalam turnamen di Hongkong itu, Mariando Uropmabin menyatakan hal serupa terkait keinginannya untuk segera bergabung dengan klub profesional.

"Sudah tentu saya ingin dapat klub segera," kata Mariando.

Mariando juga mengaku saat ini pelatihnya selama memperkuat tim sepak bola Papua untuk Pekan Olahraga Nasional (PON) 2012 lalu sedang berupaya membantu dirinya mendapatkan tempat di sebuah klub lokal.

"Kalau di Indonesia saya bersama pelatih PON kemarin, sedang mengontak klub Persidafon, ada kemungkinan saya ke sana bila memang pihak klub menghendaki," ujar Mariando.

"Ya kalau memang ada kesempatan di luar negeri tentu saja tidak menolak," kata dia menambahkan.

Timnas Indonesia U-18 menjuarai turnamen HKJC di Po Kong Village Road Park Hongkong, Rabu, setelah pada pertandingan terakhir mampu menahan imbang Malaysia dengan skor 0-0.

Dengan mampu menahan musuh bebuyutannya ini, anak asuh Indra Sjafri mampu mengemas lima poin dari tiga pertandingan. Poin ini sebenarnya sama dengan Malaysia hanya berbeda dalam selisih gol.

Timnas Garuda Muda merengkuh hasil terbaik ini setelah di pertandingan pertama mampu menahan imbang Singapura, 2-2. Setelah itu mampu menumbangkan tuan rumah Hongkong dengan skor 2-0 dan di pertandingan terakhir bermain seri melawan Malaysia.

Sedangkan Timnas Malaysia meraih poin saat menahan imbang tuan rumah Hongkong, 1-1 dan menang atas Singapura, 2-0 serta ditahan Timnas Garuda Muda, 0-0.

Sementara itu, di pertandingan lain Singapura bermain imbang 2-2 melawan Hong Kong. Hasil seri 2-2 ini membuat Singapura menempati posisi ketiga. Young Lions unggul gol memasukkan dari Hong Kong, yang harus puas menempati posisi keempat.

(G006/D011)

Editor: Tasrief Tarmizi
COPYRIGHT © ANTARA 2013