Jakarta (ANTARA) - Wakil Ketua Komisi III DPR RI sekaligus anggota MPR RI Ahmad Sahroni menekankan akan pentingnya pengimplementasian nilai-nilai Pancasila dalam pelaksanaan Pemilu 2024.

"Saya minta bapak ibu benar-benar memahami nilai-nilai yang terkandung di dalam Pancasila, dan sifatnya jangan sekadar dihafal, tapi harus benar-benar diimplementasikan," kata Sahroni dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Rabu.

Hal itu disampaikan-nya dalam kegiatan Sosialisasi Empat Pilar MPR RI bersama 150 warga Kebon Bawang di Gelanggang Jakarta Utara (GJU), Jakarta, Selasa (20/6).

Sebab, dia menilai jika masyarakat benar-benar menjadikan Pancasila sebagai pedoman, maka hal-hal negatif yang dikhawatirkan terjadi di tahun politik 2024 seharusnya dapat diantisipasi dan dihindari.

"Maknai setiap sila yang terkandung sebagai sebuah pedoman bagi bapak ibu dalam melihat realitas yang ada. Dengan begitu, saya yakin masyarakat Indonesia dapat menyikapi tahun politik dengan lebih arif dan rasional," ujarnya.

Sahroni juga menaruh harapan besar pada kontestasi Pemilu 2024, menyusul Mahkamah Konstitusi (MK) yang pada Kamis (15/6) memutuskan tetap mempertahankan penerapan sistem proporsional terbuka.

Baca juga: BPIP: Pancasila jawaban atas tantangan lokal dan global

Baca juga: KemenPPPA dan BPIP ajak anak tumbuhkan nilai-nilai Pancasila


"Kemarin putusan MK yang tetap mempertahankan sistem proporsional terbuka itu bagus sekali pak, bu. Dengan begitu, bapak ibu tetap bisa milih langsung wakil rakyat yang sesuai dengan hati nurani bapak ibu," ucapnya.

Hal itu, kata dia, lantaran sistem proporsional terbuka merupakan mekanisme yang lebih mengedepankan nilai-nilai Pancasila.

"Tentu itu lebih adil, transparan, dan mengedepankan nilai-nilai Pancasila. Tidak terbayang kemarin kalau kita beralih ke (proporsional) tertutup, bapak ibu bisa jadi enggak kenal sama wakil rakyatnya sendiri," tuturnya.

Untuk itu, Sahroni optimistis kualitas Pemilu 2024 akan jauh lebih baik dari sebelumnya dengan dukungan sistem yang terus mengalami perbaikan.

Termasuk, lanjut dia, dengan menjadikan ajang Pemilu 2024 sebagai momentum terbaik untuk menunjukkan nilai-nilai Pancasila yang melekat pada setiap diri masyarakat Indonesia.

"Jadi kita harus pastikan Pemilu 2024 benar-benar menjadi pesta rakyat yang berkualitas. Pesta di mana rakyat dapat ‘menunjuk’ langsung wakilnya secara rasional tanpa sentimen identitas berlebih. Mari gunakan hak pilih bapak ibu sekalian untuk jadikan Indonesia selalu lebih baik lagi!" ujar Sahroni.

Pewarta: Melalusa Susthira Khalida
Editor: Chandra Hamdani Noor
COPYRIGHT © ANTARA 2023