Ambon (ANTARA) - Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai (KPPBC) Tipe Madya Pabean (TMP C) Ambon memberikan kemudahan bagi pelaku usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) untuk melakukan ekspor produk keluar negeri.

Kepala KPPBC Ambon Teddy Laksamana, Rabu menyatakan, upaya yang dilakukan untuk mendorong dan memberikan kemudahan bagi pelaku usaha melakukan ekspor melalui sistem MACS (Mapping, Assistance, Coordination and Sinergy).

Sinergi yang dilakukan yakni mapping (pemetaan) terhadap pelaku usaha yang berpotensi untuk ekspor, assistance (mengasistensi) pelaku usaha yang ada untuk melakukan ekspor perdana agar tidak menghadapi kendala di lapangan.

Lalu koordinasi dengan pemangku kepentingan di Maluku yang ada serta bersinergi saling bahu membahu untuk mencari jalan keluar dari masalah yang dihadapi calon eksportir.

Strategi yang dilakukan yakni pemetaan komoditi di Provinsi Maluku yang bisa didorong untuk ekspor, selanjutnya mencari informasi jenis usaha, bentuk usaha legal formal apakah masih UMKM, atau berbadan hukum melalui kegiatan asistensi.

"Jika legal formal belum ada kita arahkan untuk mengurus ke perusahaan perorangan atau CV, kita kita akan diarahkan untuk mengurus NPWP, Nomor Ijin Berusaha, SIUP. Selanjutnya kita akan melihat produk apakah sudah penuhi syarat standar untuk pasar ekspor," katanya.

Pihaknya juga melakukan koordinasi dan sinergi dengan instansi terkait seperti dinas pertanian, balai karantina pertanian.

Serta Balai Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (BKIPM)  untuk produk perikanan.

Teddy menyatakan, pihaknya telah membantu UMKM produk makanan berupa kripik tempe, sambal roa dan mie sagu melakukan ekspor perdana ke Australia.

Ekspor perdana produk makanan dua UMKM yakni Mie sehat cempaka, Truttys Tahoe Sutra dan Nacha dilakukan bekerja sama dengan kantor Pos Ambon .

"Ekspor yang dilakukan merupakan angin segar bagi pelaku usaha terutama UMKM di Kota Ambon untuk terus mengembangkan produk untuk proses ekspor," katanya.


Baca juga: Ini Langkah Bea Cukai Optimalkan Potensi UMKM di Gresik dan Ambon

Baca juga: Pelaku UMKM di Ambon berharap program Jiku Bata berjalan setiap hari

Pewarta: Penina Fiolana Mayaut
Editor: Nurul Aulia Badar
COPYRIGHT © ANTARA 2023