Beijing (ANTARA) - Kementerian Perindustrian dan Teknologi Informasi China, Rabu (21/6), menyatakan akan merilis serangkaian standar nasional baru untuk sektor kendaraan terkoneksi pintar atau intelligent connected vehicles (ICV).

Sembari mempercepat revisi dan perumusan standar terkait keamanan fungsional, keamanan internet, dan sistem operasi; kementerian itu juga akan memfasilitasi masuknya jenis kendaraan tersebut ke pasar dan uji coba pengemudian ICV di jalan raya, kata Wakil Menteri Perindustrian dan Teknologi Informasi China Xin Guobin.

Guna membantu sektor tersebut berkembang, sejumlah departemen terkait akan mencari terobosan besar teknologi, meningkatkan infrastruktur pendukung, dan mengintensifkan pelaksanaan uji coba di jalan raya, kata Xin.

Hingga kini, China telah menetapkan lebih dari 15.000 Km jalan untuk uji coba ICV dan telah meningkatkan atau mengubah lebih dari 7.000 Km jalan untuk memenuhi kebutuhan ICV, demikian data kementerian tersebut.

China juga terus memperluas penggunaan taksi dan bus otonomos, parkir valet otonomos, dan kendaraan pengiriman barang nirawak.

Pewarta: Xinhua
Editor: Fransiska Ninditya
COPYRIGHT © ANTARA 2023