Jakarta (ANTARA) - Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono mengatakan dengan sinergi legislatif dan eksekutif secara terus menerus bisa menjadikan Jakarta tetap unggul, sejahtera, dan tangguh dalam menghadapi berbagai tantangan.
 
"Selamat merayakan Hari Ulang Tahun ke-496 Kota Jakarta kepada seluruh warga Jakarta. Semoga Jakarta tetap menjadi kota yang unggul, sejahtera, dan tangguh menghadapi berbagai tantangan, serta selalu menjadi kebanggaan warganya dan segenap bangsa Indonesia," kata Heru saat menghadiri Rapat Paripurna DPRD DKI Jakarta dalam rangka memperingati HUT ke-496 Kota Jakarta, di Gedung DPRD DKI Jakarta, Jakarta Pusat, Kamis.
 
Menurut Heru, Kota Jakarta sudah melalui perjalanan panjang hingga menjadi Ibu Kota Negara yang memiliki peran strategis nasional.
 
Pada momen pergantian usia DKI Jakarta ini, Heru melihat perkembangan yang pesat terjadi di Jakarta.
 
"Pada momen pergantian usianya, kita dapat merefleksikan perkembangan Jakarta yang dimulai dari sebuah pelabuhan, berkembang menjadi kota megapolitan, hingga pusat aktivitas nasional. Jakarta pun terus berupaya mensejajarkan diri dan bersaing dengan kota-kota besar lain di dunia, seraya mengedepankan masa depan yang nyaman bagi segenap warganya," jelas Heru.
 
Lebih lanjut, Heru mengajak seluruh elemen untuk lebih bersemangat dalam mewujudkan Jakarta sebagai Kota Global.
 
"Mari jadikan perayaan Hari Ulang Tahun Kota Jakarta ke-496 untuk lebih menggelorakan semangat sinergi dalam mewujudkan Jakarta sebagai Kota Global yang menjadi unsur terdepan kemajuan Indonesia," kata Heru.
 
Dalam kesempatan yang sama, Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi mengatakan bahwa kemajuan Jakarta tidak terlepas dari keberagaman seperti suku, etnis dan agama sebagai sarana untuk menghasilkan karya demi kemajuan Kota Jakarta.
 
Meskipun sejumlah permasalahan masih harus dihadapi Jakarta, menurut Prasetyo dalam beberapa tahun terakhir perubahan di Kota Jakarta terlihat begitu pesat.
 
Seperti pada sektor kesehatan, transportasi, infrastruktur, dan sektor lainnya yang diharapkan mampu meningkatkan kualitas hidup masyarakat Jakarta.
 
"Untuk itu, kami mengajak seluruh komponen masyarakat, mari jadikan Jakarta sebagai kota yang baik, bersih dan disiplin, sehingga Jakarta dapat dijadikan sebagai kota yang nyaman untuk ditempati dan dikunjungi," ucap Prasetyo.
Baca juga: Pemprov DKI ikuti langkah KLHK atasi udara buruk
Baca juga: DPRD: DKI harus benahi sistem keuangan dan serapan anggaran
Baca juga: Warga apresiasi DKI berlakukan tarif Rp1 untuk naik LRT Jakarta

Pewarta: Siti Nurhaliza
Editor: Ganet Dirgantara
COPYRIGHT © ANTARA 2023