Surabaya (ANTARA) - Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo meninjau langsung kegiatan bakti kesehatan dalam rangka peringatan HUT ke-77 Bhayangkara pada 1 Juli di Mapolda Jawa Timur, Surabaya, Kamis.

"Hari ini, kami sengaja datang ke Jawa Timur, untuk menggelar kegiatan bakti kesehatan yang dilaksanakan secara serentak oleh seluruh anggota kepolisian yang ada di seluruh wilayah Indonesia," kata Listyo Sigit Prabowo.

Sigit menuturkan ada beberapa kegiatan yang jadi unggulan korps Bhayangkara yakni aplikasi yang dapat menghubungkan antara masyarakat dan anggota Polri.

"Yang kemudian di dalam aplikasi itu, bisa berinteraksi dengan menghubungi dokter polisi terdekat bagi masyarakat yang butuh pertolongan. Alhamdulillah, dari rangkaian kegiatan bakti kesehatan yang kami laksanakan, mulai masalah operasi katarak, bibir sumbing, layanan kesehatan umum dan masalah stunting," ujar dia.

Listyo juga mengimbau kepada pejabat berwenang Polda Jatim untuk serius mengambil langkah bakti kesehatan ini.

"Menjadi perhatian kita. Saya minta Pak Kabiddokkes mengambil langkah untuk tindakan dan hari ini, bisa melewati rekor MURI," ujar alumnus Akpol 1991 itu.

Dalam kesempatan itu, kepolisian juga sempat memberikan teknik dasar kepada anak-anak yang ada di sekolah dan pesantren untuk diberikan pelatihan yang kemudian bisa memberi tindakan ketika mengalami gangguan kesehatan yakni sesak nafas, seperti jantung juga.

"Yang paling penting juga, kegiatan kita hari ini, bisa menjadi kegiatan yang bisa memberikan manfaat untuk masyarakat dan khususnya yang sedang sakit dan membutuhkan pertolongan cepat sebelum dirawat ke rumah sakit," ujar dia.

Baca juga: Polda Metro Jaya tunggu arahan Korlantas terkait uji SIM
Baca juga: Kapolri ingatkan jajaran untuk tinggalkan zona nyaman

Pewarta: Willi Irawan
Editor: Tasrief Tarmizi
COPYRIGHT © ANTARA 2023