Yogyakarta (ANTARA News) - Pendaftar Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri 2013 yang memilih Universitas Gadjah Mada Yogyakarta hingga kini sebanyak 30.042 orang, kata Kepala Bidang Humas UGM Wijayanti.

"Pendaftar sebanyak itu terdiri atas 20.436 orang memilih UGM sebagai pilihan pertama dan 9.606 orang memilih pilihan kedua. Mereka akan memperebutkan 3.318 kursi," katanya di Yogyakarta, Senin.

Menurut dia, hingga saat ini masih ada 84 sekolah di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) belum mendaftarkan siswanya untuk mengikuti seleksi mahasiswa baru melalui jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN).

"Ke-84 sekolah itu terdiri atas tujuh madrasah aliyah (MA), 26 sekolah menengah atas (SMA), dan 51 sekolah menengah kejuruan (SMK)," katanya.

Oleh karena itu, ia mengimbau kepada pihak sekolah untuk dapat melakukan pendampingan kepada siswanya dalam mendaftar SNMPTN agar dapat segera diketahui jika siswa mengalami kendala teknis maupun kendala dalam pemilihan program studi.

"Dalam hal ini UGM, Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), dan Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga akan melakukan pengecekan ke sekolah-sekolah yang dalam data panitia pusat siswanya belum mendaftar SNMPTN," katanya.

Ia mengatakan, pendaftaran SNMPTN telah dimulai pada 1 Februari 2013. Berdasarkan jadwal, pendaftaran akan berlangsung hingga 8 Maret 2013.

Dalam memilih program studi, kata dia, pendaftar diperkenankan memilih maksimal dua perguruan tinggi negeri (PTN) dengan masing-masing PTN maksimal dua program studi.

"Syarat yang harus diperhatikan adalah jika pendaftar memilih dua PTN, maka salah satunya harus berada di provinsi yang sama dengan asal sekolahnya," katanya.

(B015/M008)

Editor: Tasrief Tarmizi
COPYRIGHT © ANTARA 2013