Bandung (ANTARA) - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan Proyek Strategis Nasional (PSN) Tol Cisumdawu bisa menjadi sumber pertumbuhan ekonomi baru bagi Kota Sumedang, Jawa Barat.

“Dengan selesainya Tol Cisumdawu, Kota Sumedang terlihat makin ramai dan itu akan menjadi sumber pertumbuhan ekonomi yang baru, karena akses ke Sumedang jadi mudah,” kata Airlangga saat konferensi pers di Bandung, Jumat.

Terlebih, sambung Airlangga, ke depannya akan dibuka area transit atau rest area yang bisa berkontribusi dalam mendorong pertumbuhan ekonomi di kawasan tersebut.

Selain itu, kehadiran Tol Cisumdawu juga berperan dalam memudahkan akses transportasi, sehingga bisa menurunkan biaya logistik. Tol juga bisa memudahkan pergerakan ekonomi dari satu daerah ke daerah lain dengan lebih mudah dan efisien.

Tol Cisumdawu mencakup Jalan Tol Cileunyi–Sumedang–Dawuan yang terbentang sepanjang 61,75 km dan akan menjadi akses utama menuju Bandara Kertajati di Majalengka. Tol Cisumdawu merupakan salah satu proyek dari PSN yang ada di Jawa Barat.

Selain Tol Cisumdawu, proyek PSN di Jawa Barat lainnya adalah Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB), pembangunan Bandar Udara Kertajati, pembangunan tujuh bendungan, pengembangan kampus Institut Teknologi Bandung (ITB) di Cirebon, dan pembangunan Pelabuhan Patimban.

“PSN salah satunya selain jalan tol juga ada 7 bendungan. Kemudian juga beberapa proyek lain termasuk pengembangan kawasan-kawasan. Pelabuhan Patimban juga terus didorong, karena Jawa Barat ini, daerah Rebana ini, merupakan daerah industri otomotif dan sekaligus pertanian,” jelas Airlangga.

Menko Airlangga berharap agar penyelesaian PSN di Jawa Barat dapat dipercepat agar mampu menjadi pondasi Jawa Barat untuk meningkatkan perekonomiannya, sehingga dapat turut mendukung visi besar Indonesia menuju Indonesia Emas di 2045.

“Kami harap proyek-proyek ini bisa memberikan efek berganda,” ujar Airlangga.

Baca juga: Menko Airlangga meninjau pembangunan Tol Cisumdawu Sumedang
Baca juga: Brantas Abipraya percepat penyelesaian pembangunan Jalan Tol Cisumdawu


Pewarta: Imamatul Silfia
Editor: Ahmad Wijaya
COPYRIGHT © ANTARA 2023