Garut (ANTARA) - Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Garut, Jawa Barat, menyampaikan kegiatan Gentra Karya Job Fair 2.0 Tahun 2023 untuk memudahkan pencari kerja memilih empat kerja yang sesuai dengan keinginan dan perusahaan mudah mencari tenaga kerja.

"Ini adalah ajang mempertemukan pencari kerja dan perusahaan. Dalam arti perusahaan tidak langsung harus turun ke pencari kerja, dan pencari kerja tidak harus mencari ke perusahaan-perusahaan," kata Kepala Bidang Penempatan Kerja Disnakertrans Garut Rahany Eka Pratiwi usai kegiatan Gentra Karya Job Fair di Garut, Minggu.

Kegiatan bursa kerja itu digelar tiap tahun untuk menyerap tenaga kerja guna mengurangi pengangguran di Garut. Untuk itu tahun ini pihaknya melibatkan 20 perusahaan dengan 14.277 lowongan pekerjaan. "Peserta yang daftar dan hadir selama dua hari ini sebanyak 5.300 orang," katanya.

Selain lowongan kerja di dalam negeri, kata dia, ada juga lowongan kerja ke luar negeri bekerja sama dengan Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI).

Peluang kerja ke luar negeri, lanjutnya, ada tiga negara yakni Korea Selatan untuk pekerjaan manufaktur dan perikanan, kemudian Jepang dan Jerman untuk pekerjaan perawat.

Ia berharap ke depan perusahaan yang terlibat dalam bursa kerja di Garut tidak hanya membuka lowongan bagi lulusan SMA sederajat, tapi juga lulusan perguruan tinggi.

Baca juga: Ribuan warga serbu Bursa Kerja di Garut

"Kalau sekarang lebih banyak dibutuhkan SMA, mungkin ke depan, mohon bisa memberikan lowongan kerja untuk tingkatan sarjana dari S1," katanya.

Disnakertrans Garut, kata dia, akan menyelenggarakan kembali bursa kerja tahun ini dan akan mengupayakan lebih banyak lagi perusahaan yang terlibat membuka lowongan pekerjaan.

"Kami harapkan di job fair kali ini perusahaan dapat menerima atau menempatkan para pencari kerja, sehingga secara tidak langsung dapat mengurangi angka pengangguran di Kabupaten Garut," katanya.

Salah seorang pencari kerja di Gentra Karya Job Fair 2.0 2023, Virgin Jannata (27) mengatakan acara itu cukup membantu untuk mencari tempat kerja yang sesuai dengan keinginan.

"Menurut saya ini sangat membantu dan untuk saya pribadi saya sangat tertolong ya, karena memang jadi enggak perlu cari-cari pekerjaan lagi, karena memang di sini beberapa perusahaan ada," kata Virgin.

Baca juga: Kemnaker gencarkan penyelenggaraan bursa kerja pada 2023
Baca juga: Kemnaker: "Job fair" upaya ciptakan peluang calon naker dapat pekerjaan

 

Pewarta: Feri Purnama
Editor: Risbiani Fardaniah
COPYRIGHT © ANTARA 2023