Cirebon (ANTARA) - PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 3 Cirebon, Jawa Barat, memastikan sarana dan prasarana di wilayah kerjanya siap untuk melayani penumpang kereta api pada masa libur Idul Adha 1444 Hijriah dan libur sekolah.

"Sarana dan prasarana semua sudah siap beroperasi menyambut liburan," kata Manajer Humas KAI Daop 3 Cirebon Ayep Hanapi di Cirebon, Senin.

Ayep mengatakan untuk sarana yang dipersiapkan dalam menyambut libur Idul Adha 1444 Hijriah, dan juga libur sekolah yaitu dengan melakukan perawatan lokomotif serta kereta, agar bisa melayani maksimal.

Menurut dia, di Daop 3 Cirebon terdapat 14 lokomotif yang siap dipergunakan dalam melayani masyarakat, dengan dua kereta yang dioperasikan yaitu KA Argo Cheribon relasi Cirebon ke Jakarta, dan KA Ranggajati relasi Cirebon ke Jember.

"Persiapan sarana Daop 3 menyiapkan lokomotif dan kereta yang siap beroperasi dengan melakukan perawatan intensif," katanya.

Ayep melanjutkan selain sarana, KAI juga memastikan prasarana sudah dipersiapkan dengan matang, agar tidak terjadi gangguan saat pelaksanaan angkutan libur Idul Adha maupun libur sekolah.

Ia menjelaskan di wilayah Daop 3 Cirebon kereta dapat melaju dengan kecepatan 120 kilometer per jam, sehingga jalur rel dipastikan dapat dilewati dengan kecepatan tinggi.

"Seluruh prasarana siap dilewati sesuai dengan puncak kecepatan hingga 120 kilometer per jam," ujarnya.

Ayep menambahkan pada libur Idul Adha 1444 Hijriah, jumlah penumpang yang menggunakan jasa kereta api mengalami peningkatan hingga 100 persen, dari biasanya hanya mengangkut sekitar 1.500-2.000 orang, kini mencapai 3.000 sampai 4.000 orang.

Peningkatan pengguna jasa tentu diharapkan dapat dilayani dengan maksimal, agar mereka semakin nyaman dan aman serta tepat sampai tujuan.

"Peningkatan jumlah penumpang bahkan mencapai 100 persen lebih, bila dibandingkan hari biasa," katanya.

Baca juga: KAI Daop Cirebon minta warga hati-hati laju KA bisa capai 120 km/jam

Baca juga: Rata-rata penumpang di wilayah Daop 3 Cirebon di atas 7.500 orang

 

Pewarta: Khaerul Izan
Editor: Ahmad Buchori
COPYRIGHT © ANTARA 2023