Moskow (ANTARA) - Rubel Rusia mencapai level terendah dalam hampir 15 bulan terhadap dolar pada awal perdagangan Senin sebelum memangkas beberapa kerugian, karena investor menanggapi untuk pertama kalinya pemberontakan yang dibatalkan oleh tentara bayaran bersenjata berat di Rusia selama akhir pekan.

Pada pukul 07.27 GMT, rubel melemah 0,5 persen terhadap dolar menjadi diperdagangkan pada 85,15, setelah mencapai 87,23 pembukaan perdagangan, titik terlemah sejak akhir Maret 2022.

Rubel telah kehilangan 0,6 persen untuk diperdagangkan pada 92,86 versus euro dan turun 0,5 persen terhadap yuan menjadi diperdagangkan pada 11,77, sebelumnya mencapai level terendah dalam lebih dari dua bulan terhadap kedua mata uang tersebut.

Tentara bayaran yang dipimpin oleh Yevgeny Prigozhin mundur dari kota Rostov-on-Don di Rusia selatan pada Sabtu (24/6/2023) malam di bawah kesepakatan yang menghentikan kemajuan pesat mereka di Moskow tetapi meninggalkan pertanyaan tentang cengkeraman kekuasaan Presiden Vladimir Putin.

"Politik sekali lagi berdampak negatif pada mood investor," kata Alexey Antonov dari Alor Broker. "Puncak ketegangan telah berlalu, tetapi residu yang tidak menyenangkan akan bertahan untuk beberapa waktu."

Dengan rubel yang tidak diperdagangkan selama akhir pekan, bank-bank Rusia telah menawarkan nilai tukar jauh di atas nilai tukar resmi di atas 90 per dolar, tetapi nilai tukar itu berangsur-angsur melemah karena ketegangan mereda.

Investor secara global mengamati efek riak dari pemberontakan yang dibatalkan, dengan beberapa mengharapkan perpindahan ke aset safe haven seperti obligasi pemerintah AS dan dolar.

Perkembangan itu juga menghidupkan kembali ketakutan lama di Washington tentang apa yang terjadi pada cadangan nuklir Rusia jika terjadi pergolakan domestik.

Minyak mentah Brent, patokan global untuk ekspor utama Rusia, naik 0,8 persen menjadi diperdagangkan di 74,43 dolar AS per barel.

Indeks saham Rusia lebih rendah. Sinara Investment Bank mengatakan "peristiwa tak terduga dan dramatis" Jumat (23/6/2023) malam telah memicu aksi jual, tetapi resolusi cepat situasi selama akhir pekan berarti aksi jual lebih lanjut tidak mungkin terjadi.

"Pelaku pasar mungkin berhati-hati untuk beberapa waktu," kata Sinara.

Indeks RTS berdenominasi dolar turun 1,5 persen menjadi diperdagangkan pada 1.024,3 poin. Indeks MOEX Rusia berbasis rubel diperdagangkan 1,0 persen lebih rendah pada 2.767,9 poin.

Sebagian besar saham perusahaan bekerja lebih baik pada indeks utama setelah jatuh tajam dalam perdagangan pekan lalu.

Pewarta: Apep Suhendar
Editor: Nurul Aulia Badar
COPYRIGHT © ANTARA 2023