Sentani (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jayapura, Papua, berharap proses evakuasi pesawat PK-SWM dari Elelim ke Poin Kabupaten Yalimo, Provinsi Papua Pegunungan, dapat berjalan lancar.

Penjabat (Pj) Bupati Jayapura Triwarno Purnomo kepada ANTARA di Sentani, Senin, mengatakan bahwa kecelakaan pesawat PK-SWM milik Semuwa Air menjadi perhatian bersama karena menyangkut kemanusiaan.

“Kami atas nama Pemkab Jayapura merasa turut prihatin atas kejadian kecelakaan pesawat PK-SWM dan berharap proses pencarian berjalan lancar,” katanya.

Baca juga: Pesawat PK SMW hilang kontak saat terbang dari Elelim ke Poik Papua

Menurut Triwarno, pihaknya berharap yang terbaik dalam proses evakuasi dan mengajak seluruh masyarakat Kabupaten Jayapura untuk bersama-sama mendoakan upaya dan usaha yang dilakukan tim evakuasi.

“Kita doakan agar diberikan cuaca yang baik serta tim yang dikirimkan ke lokasi kejadian dapat menjalankan tugasnya dengan baik,” ujarnya.

Dia menjelaskan berdasarkan informasi yang diterima bahwa lokasi jatuhnya pesawat PK-SWM jenis Grand Caravan C208B lumayan sulit untuk dijangkau.

Baca juga: Tim SAR gabungan berupaya capai lokasi reruntuhan pesawat PK-SMW

“Kami berharap dengan adanya penambahan personel yang hari ini diterjunkan ke lokasi kejadian dapat melancarkan proses evakuasi,” katanya.

Dia menambahkan kondisi geografis di Yalimo yakni pegunungan dan sering berkabut karena berada pada ketinggian, proses evakuasi pada wilayah seperti ini lumayan sulit.

“Kami percaya tim evakuasi yang dikirimkan ke lokasi kejadian merupakan orang-orang pilihan yang memiliki kualitas terbaik dalam menjalankan misi kemanusiaan di Provinsi Papua Pegunungan,” ujarnya.

Baca juga: Tim SAR hentikan evakuasi korban Pesawat PK SMW akibat cuaca buruk

 

 

Pewarta: Agustina Estevani Janggo
Editor: Risbiani Fardaniah
COPYRIGHT © ANTARA 2023