Yogyakarta (ANTARA) - Wakil Presiden Ma'ruf Amin mengimbau umat Islam di Tanah Air untuk tetap menjaga kesehatan saat merayakan Idul Adha perdana setelah pandemi COVID-19.

"Kita harus tetap menjaga, masih tetap harus kita jaga dari COVID-19, karena masih ada meski sedikit. Jaga kesehatan itu harus terus kita lakukan," ujar Wapres di sela kunjungan kerja di Kebumen, Jawa Tengah, Senin.

Baca juga: Wapres: Optimalkan peluang peningkatan pasar ekspor udang

Wapres meyakini perayaan Idul Adha kali ini akan jauh lebih semarak dibandingkan masa pandemi.

Meskipun demikian, dia juga mengimbau agar perayaan tetap dilakukan secara sederhana dan penuh syukur kepada Allah SWT, karena pandemi telah berlalu.

Selama di Kebumen, Wapres menghadiri acara panen perdana udang vaname di tambak budi daya udang berbasis kawasan (BUBK).

Pada kesempatan itu, Wapres menyampaikan sejumlah strategi untuk memajukan sektor budi daya udang, antara lain Wapres mendorong penyederhanaan izin dan kepastian berusaha secara bersinergi antara pemangku kepentingan di pusat dan daerah.

Baca juga: Wapres akan sampaikan persoalan petambak udang dalam sidang kabinet

Baca juga: Wapres akan ikuti panen perdana udang vaname di Kebumen Jawa Tengah


Kemudian, peningkatan kapasitas dan kualitas sumber daya manusia, termasuk dalam pemberian pelatihan, pembukaan akses terhadap sumber permodalan, serta pelibatan masyarakat lokal.

Wapres Ma'ruf Amin menekankan perlunya perhatian terhadap keberlanjutan ekonomi dan ekologi dalam proses pembudidayaan udang.

Wapres menilai perlu adanya replikasi praktik baik untuk dapat diterapkan di daerah lain, sehingga kisah sukses budi daya udang dapat terus dilanjutkan di seluruh Indonesia.

Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: Endang Sukarelawati
COPYRIGHT © ANTARA 2023