Surabaya (ANTARA) - Pelatih Persebaya Aji Santoso mengevaluasi pertahanan timnya setelah beberapa kali melakukan pertandingan uji coba melawan klub lainnya jelang pelaksanaan Liga 1 Indonesia musim 2023/2024.

"Masalah kemasukan, kemarin ada sedikit pemain belakang yang kurang cepat menutup pergerakan lawan, kemudian saat satu lawan satu harus ada juga yang mengcover, hal itu yang saya perbaiki, karena itu yang paling mencolok," ujar Aji dalam keterangannya, di Surabaya, Senin.

Namun, dirinya menilai secara keseluruhan anak asuhnya sudah cukup baik dan siap untuk berlaga dalam kompetisi resmi.

"Secara permainan sudah oke, mental sudah siap, secara keseluruhan kami sudah siap untuk menjalani kompetisi ini," ucapnya.

Baca juga: Aji Santoso kantongi nama-nama pemain utama Persebaya

Oleh karena itu, pada latihan yang dilakukan anak asuhnya pada Senin sore, pelatih asal Malang itu tetap menyisipkan taktik bermain bertahan dan penempatan.

"Latihannya sedikit recovery, tapi saya sisipkan latihan tactical bertahan dan position. Saya berharap saat kompetisi semua pemain dalam kondisi baik dan mengeluarkan segala kemampuan," kata pelatih yang memiliki lisensi UEFA Pro tersebut.

Menurut dia, kenapa semua pemain harus berusaha sebaik mungkin karena pertandingan pertama melawan Persis Solo itu sangat penting, sebagai langkah awal untuk melanjutkan pertandingan berikutnya.

"Bagaimana caranya, minimal kami harus dapat poin, syukur-syukur dapat poin tiga," tuturnya.

Meskipun pada pertandingan uji coba melawan Persis timnya menang, menurut dia, hal tersebut tidak bisa sebagai acuan hasil akhir pada kompetisi resmi.

"Tapi meskipun begitu, minimal kami sudah tahu gambarannya seperti apa," kata Aji.

Meskipun begitu, dirinya tetap waspada kepada para pemain klub yang berjuluk Laskar Sambernyawa tersebut, terutama pemain asingnya.

"Pemain-pemain mereka cukup bagus semuanya, pemain asingnya juga berkualitas meskipun dalam uji coba kami menang, tapi harus lupakan itu, dan fokus pada pertandingan resmi," ujar pria kelahiran April 1970 tersebut.

Baca juga: Persebaya Surabaya berkekuatan 22 pemain untuk hadapi Persis Solo
 

Pewarta: Abdul Hakim/Naufal Ammar Imaduddin
Editor: Teguh Handoko
COPYRIGHT © ANTARA 2023