Jakarta (ANTARA) - Manajer Kawasan Rest Area KM 57 Tol Jakarta-Cikampek A Nawawi mengatakan, pihaknya akan menerapkan sistem buka tutup jalur di kawasan Rest Area guna mengantisipasi lonjakan pengunjung jelang libur Hari Raya Idul Adha 1444 Hijriah.

Sistem itu akan diberlakukan apabila terjadi lonjakan pengunjung yang memasuki kawasan Rest Area KM 57. Dari dua akses utama, satu akses akan ditutup sementara dan kendaraan akan dialihkan ke jalur kendaraan besar.

"Jadi antisipasi kita ketika di akses pertama itu sudah membludak, kita tutup sementara kemudian kita alihkan ke kendaraan besar, sampai nanti sudah normal, baru kota buka kembali," kata Nawawi di Karawang, Selasa.

Selain itu, pengelola Rest Area KM 57 juga menambah Sumber Daya Manusia (SDM) 3 - 5 orang pada setiap shift-nya untuk posisi keamanan (security) dan petugas kebersihan (cleaning service).

"Kita mulai ada penambahan dari hari ini sampai nanti hari Sabtu, kita tambah shift-nya supaya untuk mengkoordinir area agar tidak terjadi kemacetan, dan untuk petugas kebersihan pun kita menjaga agar area kita tetap bersih," ujarnya.

Dari segi fasilitas, Nawawi menjelaskan bahwa pihaknya telah mempersiapkan kapasitas parkir hingga 1.200 kapasitas, 100 toilet, sejumlah gerai makanan minuman, serta Masjid.

Berdasarkan pantauan ANTARA, situasi arus lalu lintas Jakarta - Cikampek sampai Rest Area KM 57 A masih cenderung landai.

Nawawi memprediksi lonjakan pengunjung akan terjadi pada Rabu (28/6/2023) dan Jumat (30/6/2023).

Adapun pemerintah telah menetapkan dua hari cuti bersama Idul Adha 2023 melalui Keputusan Bersama Menteri Agama, Menteri Tenaga Kerja, dan Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi tertanggal 16 Juni 2023.

Libur Idul Adha ditetapkan pada Kamis (29/6/2023) dengan jadwal cuti bersama pada Rabu (28/6/2023) dan Jumat (30/6/2023).

Pada kesempatan yang sama, Kris, salah satu pengunjung Rest Area asal Bekasi, mengaku sering mengunjungi Rest Area KM 57. Menurutnya, Rest Area itu merupakan salah satu Rest Area dengan fasilitas yang cukup lengkap.

Dalam perjalanannya menuju Semarang, ia memutuskan untuk singgah sebentar di Rest Area KM 57.

"Setiap saya pulang ke Semarang, saya sering berhenti di sini (Rest Area KM 57). Biasanya buat ngopi, makan, ke toilet," katanya.

Baca juga: 3 hari libur, 105.996 kendaraan tinggalkan Jakarta menuju Trans Jawa
Baca juga: 628.653 kendaraan menuju Jakarta sepekan arus balik


Pewarta: Bayu Saputra
Editor: Ahmad Wijaya
COPYRIGHT © ANTARA 2023