Los Angeles (ANTARA) - Pemerintah Amerika Serikat (AS) meluncurkan inisiatif baru, Senin (26/6), untuk mengurangi efek kumulatif dari kemiskinan berkepanjangan akibat kanker.

Inisiatif senilai 50 juta dolar AS tersebut, yang disebut Persistent Poverty Initiative, bertujuan untuk meningkatkan penanganan kanker dengan membangun kapasitas penelitian, memperkuat penelitian pencegahan kanker, dan mendorong implementasi program berbasis masyarakat di daerah berpenghasilan rendah.

"Kemiskinan berkepanjangan merupakan fenomena berbasis tempat dan komunitas yang mencerminkan kegagalan struktur dan institusi dalam masyarakat, termasuk perawatan kesehatan," kata Shobha Srinivasan, penasihat senior untuk kesenjangan kesehatan dan kesetaraan kesehatan di Divisi Pengendalian Kanker dan Ilmu Kependudukan, Institut Kanker Nasional AS.

Persistent Poverty Initiative merupakan program besar pertama untuk mengatasi faktor struktural dan institusional dari kemiskinan berkepanjangan dalam konteks kanker, demikian menurut Institut Kesehatan Nasional AS.

"Melakukan penelitian untuk memahami hubungan antarinstitusi, seperti sistem sosial, ekonomi, dan kesehatan, serta kemiskinan berkepanjangan, merupakan satu-satunya cara untuk menginformasikan perubahan pada kondisi sosial dan penentu kesehatan yang pada akhirnya akan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan, pengendalian kanker, dan outcome kanker," ujar Srinivasan.

Pewarta: Xinhua
Editor: Fransiska Ninditya
COPYRIGHT © ANTARA 2023