Tokyo (ANTARA) - Diplomat mata uang utama Jepang Masato Kanda memperingatkan terhadap pelemahan yen yang sedang berlangsung pada Rabu, mengatakan pihak berwenang akan mengambil respons yang tepat jika pergerakan menjadi berlebihan.

"Kami mengamati dengan cermat pergerakan mata uang dengan rasa urgensi yang kuat," kata Kanda kepada wartawan. "Kami akan merespons dengan tepat jika itu menjadi berlebihan."

Dia berhenti memperkuat peringatan dari yang serupa yang dikeluarkan oleh menteri keuangan pada Selasa (27/6/2023), sebagai tanda mungkin masih ada waktu sebelum intervensi apa pun untuk membendung pelemahan yen.

Kanda berbicara kepada wartawan setelah yen merosot ke level terendah baru tujuh bulan versus dolar semalam.

Mata uang Jepang turun 0,36 persen versus greenback ke level 144,02, terlemah sejak 10 November, karena investor mengamati kemungkinan intervensi oleh otoritas Jepang.

Jepang terakhir kali melakukan intervensi pembelian yen, penjualan dolar yang jarang dilakukan pada September dan Oktober. Investor mengincar ambang 145 yen untuk intervensi, level di mana pemerintah masuk ke pasar pada September.

Baca juga: Yen tergelincir setelah BoJ pertahankan suku bunga sangat rendah
Baca juga: Yen turun di pasar Asia jelang keputusan BoJ dan ECB yang "hawkish"

Pewarta: Apep Suhendar
Editor: Ahmad Wijaya
COPYRIGHT © ANTARA 2023