Bone Bolango, Gorontalo (ANTARA) - Sebanyak tiga kelompok wanita tani (KWT) di Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo, menerima bantuan alat dan mesin pertanian (alsintan) dari tim Penggerak PKK Provinsi Gorontalo.

Bupati Bone Bolango Hamim Pou di Gorontalo, Rabu mengatakan penerima bantuan yaitu KWT Desa Popodu dan KWT Desa Bulotalangi Timur di Kecamatan Bulango Timur dan KWT Desa Tunas Jaya, Kecamatan Bonepantai.

Bantuan alsintan tersebut berupa kultivator, yakni alat pengolah lahan di pekarangan untuk petani yang membudidayakan berbagai jenis sayuran. Masing-masing KWT menerima satu unit kultivator.

"Kita patut bersyukur kepada Allah SWT, karena hari ini dari PKK Provinsi Gorontalo menyumbangkan bantuan alsintan untuk kelompok wanita tani ini," ucap Hamim.

Ia berharap dengan kehadiran alsintan tersebut, para penerima bantuan bisa meningkatkan produksi maupun hasil kebun, seperti cabai rawit, tomat, dan kangkung.

Bupati Bone Bolango dua periode ini pun berpesan kepada KWT penerima bantuan agar mempergunakan sebaik-baiknya alsintan tersebut.

"Jangan hanya disimpan alsintannya, harus dipergunakan, karena ini bisa meningkatkan pendapatan dan meringankan pekerjaan kita," pesan Hamim.

Bupati menjelaskan jika dengan menggunakan pengerjaan manual dibutuhkan waktu lima hingga 10 jam, maka bantuan tersebut mampu memangkas waktu hingga tiga jam saja.

"Jadi bisa menghemat waktu kita. Insya Allah lewat kehadiran alsintan ini wanita-wanita petani atau wanita petani tangguh di Bone Bolango ini bisa meningkatkan pendapatannya," harap dia.

Baca juga: BNNK Bone Bolango ajak instansi swasta turut cegah narkoba
Baca juga: Bone Bolango raih terbaik 1 anugerah Paritrana Award tingkat provinsi
Baca juga: Diskominfotik beri penguatan literasi digital di Bone Bolango

Pewarta: Adiwinata Solihin
Editor: Kelik Dewanto
COPYRIGHT © ANTARA 2023