Jakarta (ANTARA) - Ketua Umum Partai Gelombang Rakyat (Gelora) Indonesia Anis Matta menjadikan perayaan Hari Raya Idul Adha 1444 H sebagai simbol solidaritas serta semangat berbagi kepada sesama.

"Hari ini akan selalu menjadi simbol pengorbanan untuk berbagi. Hari ini menjadi simbol solidaritas, cara kita menyatakan cinta dan kasih sayang, serta semangat berbagi kepada saudara-saudara kita yang membutuhkan," kata Anis Matta dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Kamis.

Anis juga menyampaikan ucapan Selamat Hari Raya Idul Adha 1444 H kepada seluruh umat Islam di seluruh dunia.

"Saudara-saudara muslim di seluruh Tanah Air dan di seluruh belahan dunia. Saya ingin menyampaikan selamat merayakan Hari Raya Idul Adha 1444 Hijriah," kata Anis Matta.

Baca juga: Menteri PUPR memaknai kurban Idul Adha sebagai jiwa keikhlasan

Dalam kesempatan itu, dia juga menyampaikan ucapan selamat kepada umat Islam yang sedang menunaikan ibadah haji dan berharap semoga mendapatkan haji yang mabrur.

"Saya juga ingin mengucapkan selamat kepada saudara-saudaraku yang sedang menunaikan ibadah haji, semoga haji saudara-saudara dicatat sebagai haji yang mabrur," katanya.

Anis Matta mengatakan ibadah haji memiliki simbol kesetaraan umat manusia. Sehingga, akan menjadi tonggak penting dalam perjalanan kehidupan seluruh umat Islam yang tengah menunaikan ibadah haji di Tanah Suci, Mekah.

"Ibadah haji merupakan persamaan simbol kesetaraan sesama umat manusia. Saat ini, kita akan menghadirkan kembali semangat kesetaraan dan semangat persamaan sesama umat manusia," katanya.

Baca juga: Gubernur Jabar dan ribuan warga Shalat Idul Adha di Masjid Al Jabbar

Ketua umum partai yang mendapatkan nomor urut 7 dalam Pemilu 2024 itu menegaskan dunia saat ini dalam kekacauan, sehingga terjadi rasisme dan penindasan di mana-mana.

"Ketika dunia sedang dikacaukan oleh rasisme dan penindasan di mana-mana, maka pengorbanan, solidaritas, semangat persamaan, dan semangat kesetaraan inilah yang kita perlukan. Seperti yang kita rayakan pada Hari Raya Idul Adha ini, yang juga dirayakan oleh saudara-saudara kita yang tengah menunaikan Ibadah Haji di Tanah Suci," ujar Anis Matta.

Baca juga: Masjid At-Tin bagikan 3.000 bungkus daging hewan kurban

Pewarta: Putu Indah Savitri
Editor: Fransiska Ninditya
COPYRIGHT © ANTARA 2023