Pekanbaru (ANTARA) - Universitas Riau (Unri), melalui Program Wirausaha Merdeka (WMK) Kementrian Pendidikan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) bersama 34 kampus di Indonesia membekali mahasiswa untuk menjadi wirausaha sekaligus dalam upaya menekan pengangguran.

"Berdasarkan data tahun 2023 tercatat 12 persen pengangguran adalah lulusan perguruan tinggi semoga dengan program WMK ini setelah menyelesaikan pendidikan mahasiswa mendapatkan pekerjaan dan gaji yang layak," kata
Direktur Akademik Pendidikan Vokasi, Ditjen Pendidikan Vokasi Dr Benny Bandanadjaja, ST MT dalam keterangan tertulisnya disampaikan Erion Humas Unri, di Pekanbaru, Jumat.

Menurut Benny untuk WMK 2023, alur program WMK Unri mengeluarkan target keluaran berupa produk tahap awal (bukan hanya prototype), ikut aktif membantu digitalisasi UKM tempat mereka praktik, dan membantu meningkatkan bisnis UKM dan kerjasama bisnis antara kelompok mahasiswa dengan calon investor yang berminat dengan bisnis mereka.

Sementara itu, pihaknya menargetkan menggandeng 40 produk luaran WMK 2023 dengan harapan 40 produk ini bisa langsung merintis dan meningkatkan produksi.

Menurut Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Unri Dr Hermandra SPd MA mengatakan kerjasama penyelenggaraan WMK angkatan ke 2 tahun 2023 positif untuk mahasiswa dan universitas, karena program ini akan membantu mahasiswa menjadi lebih mandiri, lebih siap menghadapi dunia kerja bila mereka selesai dari perguruan tinggi.

"Kami telah berpartisipasi pada program WMK ini dari angkatan 1 tahun 2022 bahkan Unri membagi alur program kewirausahaan dalam tiga fase yaitu fase matrikulasi dimana penyamaan persepsi program, pembukaan pola pikir dan pembekalan pengetahuan kewirausahaan," katanya.

Kedua katanya adalah fase orientasi bertujuan untuk praktik terjun langsung ke Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Mitra Unri dan fase ketiga ada yakni validasi pasar melalui WMK Festival, lanjut Dosen Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Unri ini.

"Jika target utama WMK 2022 adalah meningkatkan kesadaran pengusaha maka WMK 2023 adalah untuk memperkuat ekosistem kewirausahaan melalui jalur wirausaha yang komprehensif sehingga mahasiswa bisa  memulai karir wirausaha sejak masih mahasiswa," demikian Hermandra. 




Baca juga: 12.000 mahasiswa ditargetkan ikuti program wirausaha merdeka
.

Baca juga: Kemendikbudristek dorong mahasiswa jadi wirausahawan

Pewarta: Frislidia
Editor: Nurul Aulia Badar
COPYRIGHT © ANTARA 2023