Beijing (ANTARA) - Pada 2022, jumlah pemeriksaan, persetujuan, dan pendaftaran kekayaan intelektual (intellectual property/IP))  terus bertambah, sementara kualitas dan efisiensi pemeriksaan IP terus ditingkatkan, kata Administrasi Kekayaan Intelektual Nasional dalam sebuah konferensi pers.

Pada akhir 2022, jumlah paten penemuan yang valid di China telah mencapai 4,21 juta, meningkat secara tahunan (year on year/yoy) sebesar 17,1 persen, menurut data yang dipublikasikan dalam buku putih tersebut. Jumlah paten model utilitas yang valid mencapai 10,84 juta, naik 17,2 persen (yoy), sementara jumlah merek dagang terdaftar yang valid di China adalah 42,67 juta, meningkat 14,6 persen (yoy), ungkap buku putih itu.
 
   Pemerintah China mencapai hasil luar biasa dalam intensitas, ruang lingkup, dan efisiensi perlindungan IP pada 2022. 


China terus memperkuat perlindungan IP di bidang-bidang utama seperti paten, merek dagang, hak cipta, simbol Olimpiade, spesies tanaman baru, dan persaingan sehat, serta tautan penting seperti bea cukai dan pasar daring.

China juga mengintensifkan upaya untuk menindak aplikasi paten yang tidak mengikuti aturan dan pendaftaran merek dagang yang berbahaya, dan mengembangkan pembentukan mekanisme untuk menangani sengketa kekayaan intelektual di luar negeri.

Tahun lalu, pengadilan China menerima 526.165 kasus IP baru. Di antaranya, jumlah kasus paten dan sengketa kontrak teknologi terus meningkat, dengan kasus perdata paten tingkat pertama dan kasus kontrak teknologi tingkat pertama masing-masing naik 23,25 persen dan 5,55 persen (yoy), menurut Ding Guangyu, seorang pejabat Mahkamah Agung Rakyat China.

Pengadilan China telah sepenuhnya melindungi hak-hak sah para pemegang paten dan penemu sesuai dengan hukum, secara ketat melindungi rahasia dagang perusahaan, dan dengan penuh semangat mempromosikan inovasi di bidang-bidang utama, teknologi inti, dan industri berkembang, tutur Ding, menambahkan bahwa peran layanan peradilan IP dalam pembangunan berkualitas tinggi menjadi lebih menonjol.

China secara efektif meningkatkan sistem kelembagaan IP tahun lalu. Tiga undang-undang dan peraturan yang terkait dengan IP direvisi dan diimplementasikan, dua interpretasi yudisial tentang perlindungan IP dikeluarkan, serta lebih dari 20 dokumen normatif dan dokumen kebijakan tentang perlindungan IP diperkenalkan dan diterapkan, kata buku putih tersebut. Kemajuan positif juga terlihat dalam undang-undang komprehensif lokal tentang perlindungan IP.

Pada 2022, China juga memperdalam pertukaran dan kerja sama dengan organisasi internasional seperti Organisasi Kekayaan Intelektual Dunia (World Intellectual Property Organization) dan lembaga-lembaga IP di berbagai negara dan kawasan, berpartisipasi secara mendalam dalam tata kelola IP global, dan aktif mengadvokasi penguatan perlindungan IP melalui upaya bersama. 



 

Pewarta: Xinhua
Editor: Atman Ahdiat
COPYRIGHT © ANTARA 2023